oleh

DPRD Kritik Pemkot Tangerang soal Pelayanan Zona Kuning dan Diminta Berbenah

Kabar6-Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto mengkritik soal pelayanan publik di Pemkot Tangerang masuk zona kuning dalam penilaian oleh Ombudsman Banten. Ia meminta kepada Pemkot Tangerang untuk berbenah sehingga pelayanan publik dapat berjalan maksimal.

“Saya kira ini manjadi bahan evaluasi Pemerintah Kota Tangerang yang harusnya zona pelayanan kita hijau. Sekarang malah grade pelayanan zona kuning, harus berbenah dan mengevaluasi. Mana saja pelayanan-pelayanan memang menjadi sorotan masyarakat yang tidak maksimal,” ujar Turidi saat dimintai keterangan, Kamis (21/4/2022).

Berdasarkan hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2021 yang dilakukan pada produk pelayanan administrasi di Pemerintah Kota Tangerang, dari 60 produk layanan administrasi diperoleh nilai 74,95 dan masuk dalam kategori zona kuning dengan predikat kepatuhan sedang. Ada tiga OPD yang dinilai, DPMPTSP dan Disdukcapil masuk zona hijau sementara Dinas Pendidikan masuk ke zona merah.

“Kita berharap penilaian ini bisa menjadi evaluasi buat Pemerintah Kota Tangerang untuk mendapatkan zona hijau kembali,” katanya.

Kata Turidi, bagus atau tidaknya jalannya roda pemerintahan bergantung pada pelayanan publik. Hal tersebut dinilai menjadi kepuasan masyarakat terhadap layanan Pemerintah.

“Karena bagaimanapun baik buruknya pemerintahan diuji atau dilihat dari tingkat pelayanan publik memenuhi standar atau kepuasan pelanggan menjadi urutan pertama skala prioritas,” ungkap Politisi Gerindra itu.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Kota Tangerang juga menyoroti Dinas Pendidikan masuk zona pelayanan publik kategori merah. Sementara Wali Kota Tangerang Arief R menyampaikan zona merah tersebut karena kurangnya sosialisasi.

Turidi meminta Dinas Pendidikan harus bersinergi bersama UPT hingga Kepala sekolah. Kendati demikian, penyampaian sosialisasi dapat dilakukan secara masif.

**Baca juga:Disnaker Kota Tangerang Fasilitasi Seleksi Karyawan PNM dan Circle K Indonesia

“Saya kira kalau ini zona merah harus menjadi catatan khusus untuk pemerintah Kota Tangerang bahwa dunia pendidikan yang kurang maksimal sosialisasinya ya, OPD harus bekerja semaksimal mungkin,” tegasnya.

“Dinas Pendidikan itu ada UPT, Kepala sekolah SD, SMP, mungkin secara sinergi bisa tersosialisasikan dengan baik informasi kaitan pelayanan, kebijakan informasi publik tentang kaitannya PTM, saya kira itu menjadi keharusan pemerintah, sehingga masyarakat mendapatkan lebih cepat dan efektif,” tandasnya. (Oke)