oleh

DPRD Kabupaten Serang Digeruduk Mahasiswa

Kabar6-Ratusan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di dua titik wilayah di Kabupaten Serang, Rabu (3/9/2014). Dalam orasinya, mahasiswa mendesak anggota DPRD yang baru saja dilantik agar bisa bekerja untuk masyarakat.

“Kami ingin DPRD Kabupaten Serang mampu melakukan legislasi, pengawasan dan penganggaran yang berpihak pada kepentingan rakyat,” teriak Awan Anhara, humas aksi dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Serang dalam orasinya.

Massa aksi dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Serang (Hamas), dan Himpunana Mahasiswa Jawilan (Himaja) Serang Timur yang berjumlah 68 orang itu melangsungkan aksinya di depan kantor Pos Serang, di Jalan Veteran, Kota Serang.

Sementara, massa aksi HMI yang berjumlah 32 orang berlangsung di depan gedung Pendopo Gubernur Banten lama yang berlokasi di Jalan Brigjen Syam’un, Kota Serang.

“Legislasi di DPRD tidak produktif. Budgeting tidak berpihak kepada rakyat. Fungsi pengawasannya pun tidak berjalan profesional dan tegas,” kata Sobari, ketua Hamas di sela-sela aksinya.

Massa aksi melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan bagaimana anggota DPRD Kabupaten Serang yang tak pernah berpihak kepada masyarakat, khususnya warga Serang Timur.

Dalam teatrikal tersebut, digambarkan seorang anggota legislatif duduk di kursi empuk, sedangkan rakyatnya menjerit kelaparan. Ada juga aksi teatrikal yang menggambarkan, bagaimana rakyat Kabupaten Serang dijadikan “kuda tunggangan” oleh anggota DPRD.

Kedua kelompok massa aksi ini sempat terlibat bentrok dengan aparat kepolisian, karena berusaha menerobos blokade aparat kemananan untuk bertemu dengan anggota DPRD Kabupaten Serang terpilih. Beruntung, bentrokan tidak menelan korban luka dari kedua belah pihak. **Baca juga: Karyawan Alfamart Cisoka Suplai Ganja ke Remaja & Pelajar.

Berdasarkan pantauan dilokasi aksi, massa aksi HMI terlebih dahulu, kemudian disusul oleh massa aksi dari Hamas, PMII, lalu Himaja membubartkan diri terakhir dengan tertib.(din/tmn)

Berita Terbaru