oleh

DPRD Banten Sebut PSBB Tak Efektif Muncul Masalah Baru

Kabar6-Ketua DPRD Banten, Andra Soni mendorong kepada pemerintah daerah agar serius memberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sosialiasi serta edukasi sangat penting sebelum aturan tersebut diterapkan selama 14 hari kedepan.

“Karena kalau tidak efektif pelaksanaan PSBB ini dalam waktu 14 hari kedepan sejak diberlakukan. Maka, akan muncul potensi masalah baru bisa timbul lagi,” terang Andra, kepada wartawan, Selasa (14/4/2020).

Ia jelaskan, masalah baru yang bisa muncul adalah perpanjangan waktu PSBB untuk di wilayah Tangerang Raya. Bahkan bisa melebar ke daerah kabupaten/kota lainnya.

Kemudian juga akan berdampak pada perekonomian semakin lesu. Ujung-ujungnya kucuran alokasi anggaran kas daerah terus bertambah

“Jadi ini harus benar-benar efektif, agar tidak muncul masalah baru,” tegasnya.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pemerintah dituntut untuk gencar mensosialisasikan dari tujuan diterapkannya PSBB, bisa melalui peran media dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat, dengan begitu diharapkan PSBB di Banten ini bisa sampai tujuan dan maksudnya kepada masyarakat agar tidak kembali diulang.

Dirinya tidak menampik jika dalam pelaksanaanya Pemprov Banten sukses dalam penyediaan Rumah Sakit (RS) rujukan covid-19 di Provinsi Banten.

“Namun, dari sisi koordinasinya ini yang masih lemah. Ini yang harus terus ditingkatkan oleh Pemprov,” katanya.

Lebih jauh Andra berharap, Gubernur Banten, Wahidin Halim tidak hanya fokus pada penerapan PSBB yang akan dilakukan diwilayah Tangerang Raya. Namun, harus sampai di daerah lain.

Dengan begitu diharapkan pelaksanaan dan penerapan PSBB di wikayah Provinsi Banten ini bisa terus cegah agar tidak semakin meluas.ke daerah lain.

Hal itu berkaca dari kejadian pasien covid-19 di wilayah kota Serang, yang saat ini sudah mulai muncul, agar penularannya bisa terus ditekan dan tidak meluas ke daerah-daerah lainnya yang ada di Provinsi Banten.

**Baca juga: Pemerintah Diminta Sediakan Kuota Internet Untuk Siswa dan Guru Selama Pendemi Covid-19.

Terkait pemberian sanksi kepada masyarakat selama penerapan PSBB karena yang kedapatan tidak mematuhi anjuran yang sebelumnya telah ditentukan, dirinya mengaku kurang setuju jika hal tersebut sampai diberlakukan dan diterapkan kepada masyarakat karena bukan itu tujuannya dari diberlakukannya PSBB untuk diwilayah Tangerang Raya kedepan

“Tidak setuju, karena bukan itu tujuannya, bukan untuk memberikan efek jera. Karena orang-orang yang didalam tahanan saja dikeluarin, masa sanksinya akan dikurungin?. Intinya edukai itu lebih penting, ketimbang pengenaan sanksi” tandasnya.(Den)

Berita Terbaru