oleh

DPRD Banten: Program Dibuat Bukan Hanya Soal Menyerap Anggaran, Tapi Tujuannya Mana?

Kabar6-Komisi V DPRD Banten mengkritisi setiap program serta serapan anggaran SKPD dilingkungan Pemprov Banten.

Dimana, pembuatan program dimasing-masing SKPD tidak hanya soal bagaimana menyerap atau menghabiskan anggaran saja. Tapi, yang lebih penting adalah bagaimana capaiannya.

“Program dibuat jangan hanya untuk menyerap anggaran saja, tapi program dibuat untuk mencapai sasaran dan tujuannya. Fokus pada penyelesaian persoalannya mana?,” kata Ketua Komisi V DPRD Banten. M. Nizar, kemarin, seraya menambahakan, kata kuncinya adalah program yang ada harus bisa mensejahterakan rakyat.

Dirinya juga mengaku masih banyak menemukan kendala dilapangan yang menjadi keluhan masyatakat. Hal itu berdasarkan hasi rapat evaluasi dan serapan anggaran TA 2019, pada hari Selasa (8/10/2019) kemarin.

Mulai dari pelayanan pihak Rumah Sakit (RS) milik Pemprov Banten yang dianggap masih kurang bahkan kalah dengan pihak swasta.

Termasuk masih tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten, meski terdapat ribuan dunia industri. Namun, semua itu belum sejalan.

Ditambah lagi, soal kurikulum pendidikan sekolah kejuruan yang belum bisa menjawab kebutuhan pasar.

Kedepan, pihaknya akan terus mendorong SKPD melalui rapat-rapat koordinasi (rakor) secara rutin, yang polanya juga akan dirubah.

Dimana, SKPD wajib untuk terus turut melibatkan dewan agar bisa mendampingi setiap program-program yang ada, khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.**Baca juga: Wagub Andika: Banten Kekurangan Tenaga Medis dan Dokter.

Hal itu dikarenakan dirinya juga mengaku kurang puas lantaran pada saat rapat evaluasi bersama SKPD dibawah koordinasi Komisi V DPRD Banten, pada hari Selasa (8/10/2019) kemarin, SKPD tidak membawa berkas-berkas capainya yang selama ini telah dilakukan, masing-masing SKPD masih saja sibuk dengan menyuguhkan angka-angka kegiatan dan serapan anggarannya masing-masing, tanpa melengkapi dokumen capai yang sebelumnya telah tercapai.(Den)

Berita Terbaru