oleh

Dongkrak SDM Pekerja, Bupati Zaki Ajak Budayakan K3

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bakal terus melakukan beragam upaya nyata guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga kerja diwilayahnya.

Hal itu disampaikan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar usai upacara Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Maulana Yudha Negara, Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, di Kecamatan Tigaraksa. Senin (17/2/2014).

Menurut Bupati, banyak cara bisa dilakukan untuk meningkatkan SDM tenaga kerja. Diantaranya dengan melakukan optimalisasi di berbagai sektor, mulai dari Balai Latihan Kerja (BLK), kerjasama dengan Perguruan Tinggi, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) swasta hingga Pusat Diklat di perusahaan-perusahaan terkemuka yang ada.

Bupati menilai, beragam upaya tersebut akan dapat mengantisipasi kecenderungan liberalisasi dan globalisasi yang saat ini sedang berlangsung.

Hal lain yang menurut Bupati juga harus diperhatikan adalah, soal Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Karena itu menjadi salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan, sekaligus hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai pada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional.

Untuk itu, lanjut Bupati, diperlukan upaya perlindungan dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melalui pelaksanaan nyata. Tentunya, pelaksanaan K3 juga harus dapat memenuhi tuntutan negara-negara maju.

“Pelaksanaan K3 tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi juga tanggungjawab semua pihak, khususnya masyarakat industri,” ujar Bupati lagi.

Bupati menilai, bahwa dengan menjadikan K3 sebagai bagian dari budaya kerja disetiap kegiatan, tentunya akan dapat menekan dan mencegah tingkat kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. **Baca juga: PBB Kabupaten Tangerang 2014 Ditarget Rp 238 Miliar.

“Mari bersama-sama membudayakan K3 disemua sektor tempat kerja atau perusahaan, menuju Indonesia Berbudaya K3,” ujar Zaki lagi.(hms/tom migran)

 

Berita Terbaru