oleh

Dokter Gadungan di India Sebabkan Puluhan Orang Tertular Virus HIV

Kabar6-Sebuah peristiwa mengenaskan dialami warga sebuah desa di Uttar Pradesh, India. Puluhan orang di sana tertular virus HIV gara-gara seorang dokter gadungan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Sebuah lembaga independen yang menyelidiki sebuah kasus di kota Bangarmau, wilayah Unnao, Uttar Pradesh, menemukan sebuah fakta mengejutkan tentang penyebaran kasus HIV di wilayah tersebut. Dari 400 orang yang telah diperiksa, melansir outlookindia, 40 di antaranya sudah tertular virus HIV. Semuanya adalah pasien dari sebuah dokter yang membuka praktik di kawasan tersebut. Menurut salah satu petugas pemerintahan setempat bernama Sunil Bangarmau, diprediksi akan ada 500 kasus yang muncul. Diduga, kasus ini jauh lebih besar dari yang diperkirakan.

Rupanya, kasus penularan HIV ini terjadi akibat dokter gadungan tadi memakai jarum suntik yang sama untuk seluruh pasiennya, alias tidak mengganti jarum suntik dengan yang baru untuk setiap pasien.

Salah satu atau beberapa pasien sepertinya sudah menderita HIV sebelumnya, sehingga kemudian menularkan virus ini ke pasien lain yang berobat. Ironisnya, korban tak hanya orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

Diketahui, sebelumnya tidak ada dokter di wilayah tersebut sehingga masyarakat sangat antusias berobat pada dokter gadungan yang memang tidak memiliki persyaratan untuk membuka praktik di wilayah tersebut.

“Sebelumnya orang-orang di kawasan ini selalu pergi ke dukun jika sakit. Kini saat ada dokter, mereka mendapatkan suntikan yang ternyata berasal dari satu jarum suntik yang sama. Dari sinilah semua berasal,” jelas Sunil. ** Baca juga: Hidup Sederhana, Beberapa Perdana Menteri Berangkat Kerja Naik Sepeda

Dikatakan, kasus ini akan ditangani dengan benar oleh aparat. Dokter gadungan yang belakangan diketahui bernama Rajendra Yadav itu masih dalam status buron dan dicari petugas kepolisian.(ilj/bbs)

Berita Terbaru