oleh

DKP Kota Tangerang Segera Operasikan 139 Bentor Angkut Sampah

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), tengah gencar memfokuskan realisasi ‘Tangerang Bersih’ dengan menggulirkan berbagai program nyata, khususnya dalam penanganan sampah dilingkungan.

Tentunya, hal tersebut haruslah juga diimbangi dengan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) serta alat penunjang kerja, yang kiranya sudah berdasarkan spekulasi (perhitungan) positif tentang efisiensi waktu, tenaga serta anggarannya.

Ya, sebanyak 139 Becak Motor (Bentor), sedianya telah dipersiapkan sebagai armada pengangkut sampah yang akan beroperasi di 104 Kelurahan dan 13 Kecamatan.

Adapun, sisanya akan dioperasikan oleh petugas lain untuk membantu pengawasan sampah di jalan-jalan protokoler.

Kepala DKP Kota Tangerang, Ivan Yulianto mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera meresmikan operasional Bentor. Tujuannya agar di tahun 2015 nanti, armada itu sudah dapat beroperasi secara maksimal, dalam rangka mengurangi beban kerja truk pengangkut sampah yang kini telah disiapkan juga disetiap kelurahan.

“Ya, nantinya sampah yang diangkut Bentor akan dibuang ke truk yang telah disediakan dimasing-masing kelurahan, dan selanjutnya dibuang ke TPA Rawa Kucing. Satu unit bentor mampu mengangkut dua kibik sampah, dimana setiap Bentor akan mengangkut sampah secara berkala,” ujarnya, Rabu (10/12/2014).

Ivan menjelaskan, anggaran pembelanjaan ratusan Bentor tersebut sebesar Rp5 miliar yang berasal dari APBD Perubahan Kota Tangerang tahun 2014. Selain itu, Pemkot Tangerang juga membeli 15 unit mobil engkel dan 39 unit sepeda motor.

“Efisiensi SDM nya adalah, petugas armada bentor merupakan para petugas yang sebelumnya adalah kernek pada armada Dump Truk. Hal itu bisa dilakukan, karena kedepan, Dump Truk sudah dilengkapi dengan Trem (seperti sebuah alat pengambil sampah dari dalam truk), sehingga satu dari empatĀ  petugas yang biasanya bertugas pada armada truk tersebut, bisa dialihkan sebagai petugas Bentor,” papar Ivan.

Ditambahkannya, bahwa untuk sepeda motor, akan diberikan kepada pengawas dan empat koordinator, yang setiap satu orang pengawas memiliki tugas untuk mengawasi pengangkutan sampah di tiga kelurahan.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Heriyanto, menambahkan, saat ini pihaknya mencatat ada sebanyak 1000 hingga 1200 ton sampah di Kota Tangerang, dalam seharinya. Diharap, dengan adanya penambahan armada jenis Bentor ini, pengangkutan sampah diseluruh wilayah ini akan lebih optimal.

“Dalam rangka pewujudan ‘Tangerang Bersih’, dimana program-program nya saat ini sudah terus bergulir seperti ‘Kampung Bersih’ serta ‘Sekolah Bersih’,” pungkasnya.(ADV)

Berita Terbaru