Ditresnarkoba Polda Banten Gerebek Lokasi Produksi Ciu di Cikupa

kabar6.com
Ilustrasi miras jenis ciu.(ist)

Kabar6-Direktorat Reserse Narkoba yang selanjutnya (Ditresnarkoba) Polda Banten menggerebek sebuah lokasi pembuatan miras jenis ciu di kawasan Industri Jatake, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Rabu (11/4/2018).

Adapun jenis miras yang diamankan dalam Operasi Cipta Kondisi tersebut, terdiri dari 54 jeriken minuman oplosan jenis ciu, 140 plastik anggur dan 298 botol miras merek lainnya.

Direktur Reserse Narkoba Polda Banten Kombes Pol Yohanes Hernowo menyebut, bila penyitaan miras itu dilakukan dalam rangkaian Operasi Cipta Kondisi yang digelar pihaknya di tiga wilayah di Banten, yaitu Tangerang, Cilegon dan Padeglang.

“Di kawasan Industri Jatake, Tangerang, kami sita 54 Jeriken ciu, kurang atau lebih 1.620 liter yang siap dikirim ke toko-toko di wilayah Banten,” kata Yohanes saat dikonfirmasi kabar6.com.

Sementara di Cilegon, berhasil disita sebanyak 43 botol miras dan 80 plastik anggur buah siap edar.**Baca juga: Kabupaten Tangerang Jadi Salahsatu Tempat Ajang Asian Games 2018.

Yohanes menyebut, para penjual dan produsen minuman oplosan tersebut, dapat dikenakan sangsi pidana berupa kurungan penjara maksimal 15 tahun atau denda sebesar Rp1,5 milliar Rupiah.**Baca juga: Angkot Terbakar di Kota Tangerang.

“Tersangka masih kita lakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. Kita dapat jerat dengan pasal 197 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2009 tentang kesehatan. Ancaman hukuman 15 tahun atau denda maksimal Rp1,5 miliar,” pungkasnya.(Tim K6)