oleh

Ada ‘Monster’ Laut Berusia 520 Juta Tahun yang Miliki 18 Tentakel pada Mulutnya

Kabar6-Sekelompok peneliti dari Universitas Bristol, Bristol, Inggris, menemukan sebuah fosil hewan purba di Tiongkok. Hewan yang diperkirakan memiliki wujud sangat aneh itu, memiliki 18 tentakel di sekitar mulutnya, yang tertutup cabang-cabang halus seperti rambut.

Tentakel itu diduga merupakan alat yang digunakan untuk menangkap mangsa. Ketua tim peneliti dari Universitas Bristol bernama Jakob Vinther, melansir Dailystar, mengungkapkan tentang pentingnya temuan mereka. Dikatakan, dengan temuan tersebut mereka dapat menelusuri asal dari makhluk aneh bertentakel itu.

“Dengan fosil itu, kami telah dapat menemukan dari mana ubur-ubur sisir aneh berasal,” kata Vinther. “Meskipun kami sekarang dapat menunjukkan bahwa mereka datang dari tempat yang sangat masuk akal, itu tidak membuat mereka tidak aneh.”

Vinther menemukan itu ketika mengunjungi Universitas Yunnan di Tiongkok. Para ilmuwan di sana menunjukkan kepada Vinther beberapa fosil koleksi mereka, termasuk makhluk misterius yang mereka sebut Daihua Sanqiong, ditemukan oleh rekan peneliti, Xianguang Hou.

Namun itu bukan satu-satunya fosil aneh yang pernah di temukan di Tiongkok dalam waktu dekat ini. Ada dua fosil dinosaurus yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Kedua fosil tersebut merupakan fosil alvarezsaurus, disebut sebagai langkah awal dari perjalanan evolusi yang sebelumnya tidak pernah ada. Pasalnya, sebagai pemakan daging, alvarezsaurus dapat beradaptasi dan memulai memakan serangga yang hidup secara berkelompok.

Dari segi wujud, dinosaurus tersebut juga terbilang aneh. Dia memiliki banyak kesamaan dengan burung, mulai dari struktur tengkorak dan kaki belakangnya. ** Baca juga: Disebut Mustahil, Mendatang Sejumlah Hal Diklaim Dapat Gantikan Benda dan Manusia

Dua penemuan fosil aneh tersebut pastiya hanya sebagian kecil dari fosil-fosil aneh lain yang pernah ditemukan sebelumnya. Jadi tidak menutup kemungkinan akan ada banyak penemuan lain yang tidak kalah aneh dibandingkan kedua penemuan di atas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru