Ditemukan Makam Prasejarah dengan 3 Jenazah dalam 1 Liang

kabar6.com
Tiga Jenazah dalam satu Liang.(ancient origins)

Kabar6-Sebuah makam ditemukan dalam pemakaman umum desa Dolni Vestonice, Provinsi Moravia, Ceko, saat dilakukan penggalian pada 1980. Berdasarkan analisis seorang spesialis, jasad itu disinyalir sebagai dua pria dengan satu wanita di tengah.

Hal yang mengundang tanda tanya adalah posisi tubuh mereka bertiga pada satu liang kubur. Melansir ancient origins, dalam liang itu tampak jasad paling kanan diposisikan tertelungkup, sementara yang paling kiri meletakkan tangannya di area panggul jasad yang di tengah, di antara keduanya. Area panggul jasad yang di tengah itu juga dilumuri dengan oker merah, yakni campuran tanah liat dengan oksida besi.

Diketahui, Dolni Vestonice adalah sebuah situs Paleolitik yang ditemukan dan diduduki sekira 30 ribu tahun lalu. Kerangka tubuh wanita dalam liang tersebut menunjukkan bahwa dia telah cacat selama hidupnya. Sementara dua pria di kanan kirinya adalah individu yang sehat. Kedua jasad pria memiliki kalung gigi taring yang ditindik dan gading.

Pria di sebelah kiri juga mengenakan semacam topeng yang dicat. Oker merah juga dilumurkan pada kepala mereka bertiga. Ada beberapa penafsiran yang muncul atas pemakaman tiga tubuh dalam satu liang yang misterius ini.

Diduga, jasad wanita itu mungkin telah meninggal selama persalinan. Pria di sebelah kiri adalah seorang tukang obat (karena topeng yang dikenakannya), sementara pria yang lain adalah suaminya. Ketika persalinan itu berujung kematian, maka hukum sosial menyertakan kedua pria itu untuk ikut ke alam baka.

Namun ada interpretasi lain yang mengungkapkan bahwa kerangka itu milik seorang ratu muda dan dua permaisurinya. Tafsir lain mengatakan adat homoseksualitas yang dilakukan orang-orang Dolni Vestonice. ** Baca juga: Idap Genetik Langka, Ibu & Anak Punya Wajah Mirip Nenek-nenek

Sayang, hingga kini spekulasi itu belum sampai pada suatu kesimpulan yang jelas.(ilj/bbs)