oleh

Ditemukan Kuburan yang diyakini Vampir Abad Pertengahan di Polandia

Kuburan vampir abad pertengahan.(Iflscience)
Kuburan vampir abad pertengahan.(Iflscience)

Kabar6-Di era abad pertengahan, orang-orang Polandia sangat takut pada vampir. Mitos vampir sendiri mulai muncul dari cerita rakyat yang mengisahkan tentang makhluk peminum darah manusia. Di cerita daerah Eropa, vampire adalah orang yang sudah mati namun masih bisa hidup dan berkeliaran untuk mencari mangsa.

Kisah-kisah tentang makhluk yang deskripsinya sama seperti vampir sendiri, dilansir Intisari, sudah ada sejak lama di berbagai macam kebudayaan. Namun, istilah vampir sendiri baru ada pada awal abad ke-18. Legenda vampir ini paling banyak muncul di Eropa Timur dan dikenal dalam berbagai macam sebutan (shtriga di Albania, vrykolakas di Yunani, dan strigoi di Romania).

Salah satu orang pertama yang diduga sebagai vampir dan dibunuh dengan cara dipenggal adalah Jure Grando. Pria ini meninggal namun diklaim penduduk setempat hidup kembali dan menyebarkan teror. Ia sempat ditikam namun tidak mati sehingga akhirnya dipenggal. ** Baca juga: Kulit Unik, Nyakim Dijuluki ‘Queen of The Dark’

Karena ketakutan pada kisah-kisah seperti inilah orang-orang zaman itu mulai mengubur orang yang dicurigai sebagai vampir dengan berbagai cara aneh. Sedangkan untuk orang yang normal, mereka juga akan dikubur dengan dibekali benda-benda tertentu untuk melindungi mereka dari vampir.(ilj/bbs)

Berita Terbaru