oleh

Ditemukan Kuburan Massal Bocah Abad 15 dengan Jantung yang Telah Hilang di Peru

Kabar6-Para ilmuwan merilis gambar penggalian makam anak perempuan dan laki-laki berusia 5-14 tahun yang tampaknya bergerombol dalam sejumlah lubang. Mereka terbunuh dengan kondisi dada terbuka tanpa jantung.

Disebutkan, lebih dari 140 anak-anak dimakamkan bersama tiga orang dewasa, dan 200 hewan baik llama atau alpaka, yang diduga dilakukan oleh sebuah ritual pengorbanan manusia di abad ke-15 di Peru.

Bukti menunjukkan, melansir latimes, pengorbanan itu berkaitan dengan peristiwa klimaks yang dapat menghantam stabilitas ekonomi, politik dan ideologis dari salah satu negara paling kuat di Dunia Baru. Sisa-sisa manusia itu mulai digali enam tahun lalu, setelah penduduk di dekat situs Huanchaquito-Las Llamas memperhatikan tulang-tulang terkikis keluar dari pinggir jalan.

Penggalian darurat pun diperintahkan, dan para arkeolog menemukan mayat-mayat itu di beberapa penggalian di situs seluas 700 meter persegi tersebut.

Jumlah orang mati bisa lebih tinggi, karena beberapa sisa-sisa jasad tidak lengkap telah ditemukan di daerah-daerah yang dihuni kembali oleh manusia.

Penelitian awal menunjukkan, anak-anak itu dibungkus katun, beberapa dengan wajah mereka dicat merah dan masih dengan kain di sekitar kepala mereka ketika kuburan itu ditemukan. Mereka dimakamkan menghadap ke laut, sejauh sekira 350 meter, sementara hewan diposisikan menghadap pegunungan.

Para ilmuwan mengatakan, pengorbanan manusia itu terjadi tak lama setelah hujan deras dan banjir di daerah itu dengan lumpur, tanah liat, dan kerikil.

Mereka menyebutnya sebagai pengorbanan massal anak-anak ‘dalam skala yang tidak seperti yang terlihat sebelumnya’ di wilayah tersebut. ** Baca juga: Ditangkap Gara-gara Telepon Layanan Pelanggan 24 Ribu Kali untuk Mengeluh

Diketahui, temuan itu hampir serupa dengan penemuan 42 anak yang tewas dalam pengorbanan massal di Templo Mexica di Meksiko tengah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru