oleh

Ditemukan Kacamata Milik Mahatma Gandhi dalam Kotak Surat Milik Balai Pelelangan

Kabar6-Kacamata milik Mahatma Gandhi yang ditemukan dalam amplop tertutup akan segera dilelang. Kacamata tersebut berada dalam kotak surat rumah pelelangan selama dua hari.

Mohandas Karamchand Gandhi atau Mahatma Gandhi, lahir di Porbandar, Gujarat, India Britania, pada 2 Oktober 1869, dan wafat di New Delhi pada 30 Januari 1948. Beliau adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India. Gandhi merupakan salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India.

Selain itu, Gandhi juga aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Pada masa kehidupan Gandhi, banyak negara yang merupakan koloni Britania Raya. Penduduk di koloni-koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri.

Perihal kacamata Gandhi yang dimasukkan amplop, melansir sooperboy, staf di East Bristol Auctions mengatakan bahwa seorang pria mengirim amplop berisi kacamata bersejarah beberapa waktu lalu, tetapi karena mereka tidak buka pada akhir pekan, sehingga kacamata tadi tidak ditemukan hingga Senin berikutnya.

“Seorang rekan saya mengambilnya, merobek amplopnya dan menemukan catatan singkat di dalamnya yang mengatakan, ‘Kacamata ini milik Gandhi, telepon saya,'” kata Andrew Stowe, salah satu juru lelang.

Ditambahkan, “Saya membaca catatan itu, melanjutkan tugas pagi, dan kemudian sekira waktu makan siang saya berpikir, ‘Baiklah, mari kita telepon pria ini, mari kita lihat apa ceritanya’.”

“Beberapa jam kemudian, kami mencari-cari dan melakukan beberapa penelitian dan kami menemukan bahwa kacamata ini adalah penemuan sejarah yang sangat penting. Saya menelepon pria itu kembali…kata-katanya yang tepat adalah ‘jika tidak ada gunanya, buang saja,'” ujarnya.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa saya pikir harganya bisa mencapai Rp291 juta, dan saya pikir dia hampir terjatuh dari kursinya,” katanya lagi. ** Baca juga: 5 Negara yang Punya Cara Unik Turunkan Berat Badan

Stowe mengungkapkan, kacamata itu milik paman penjual yang bekerja di Afrika Selatan sekira waktu yang sama dengan Gandhi, antara 1910 dan 1930. Paman itu dikatakan telah mendapat kacamata sebagai hadiah setelah membantu Gandhi dengan cara tertentu, dan kacamata itu kemudian diturunkan dari generasi ke generasi.

“Ini mungkin kacamata paling terkenal yang pernah kami miliki, dan benda bersejarah terpenting yang pernah kami temukan,” kata Stowe. “Kacamata ini sama ikoniknya dengan gitar Jimi Hendrix bagi Jimi Hendrix.”

Stowe berharap, kacamata itu akan disimpan dalam museum, seraya menambahkan bahwa itu adalah ‘bagian dari sejarah semua orang di dunia dan mungkin pantas untuk dipajang di suatu tempat’.(ilj/bbs)

Berita Terbaru