oleh

Disnaker Lebak Buka 10 Jenis Pelatihan, Catat Syaratnya

Kabar6-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lebak membuka pelatihan yang bisa diikuti oleh masyarakat yang sedang tidak bekerja secara gratis.

Kasi Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Disnaker Lebak, Anita Yanuria menjelaskan, ada sepuluh jenis pelatihan yang diselenggarakan pada tahun 2019.

“Food and beverage, komputer, otomotif roda dua, service handphone, service AC, service hardware, pembuatan alas kaki, pembuatan VCO (minyak kelapa murni), sablon dan P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera),” ujar Anita kepada Kabar6.com, Minggu (3/2/2019).

Anita mengatakan, pendaftaran dibuka sejak 1 hingga 28 Februari 2019 dengan ketentuan calon peserta tidak sedang bekerja atau kuliah, mau mengikuti pelatihan sampai akhir, dan peserta hanya bisa mengikuti satu kali kejuruan pelatihan.

“Syaratnya foto copy KTP, foto copy ijazah terakhir (khusus pelatihan komputer, otomotif dan food and beverage minimal SLTA sederajat), usia minimal 15 tahun maksimal 40 tahun, surat keterangan dokter dan foto bewarna 3×4 dua lembar,” beber Anita.

Berkas persyaratan dimasukan ke dalam amplop coklat dengan dituliskan jenis kejuruan di sebelah kiri berikut nomor telepon (WhatsApp).

Kata dia, pelatihan bekerja sama dengan LPK binaan Disnaker Lebak, D’Taker, LPK binaan provinsi, BBLKI Serang, dan TNI untuk kegiatan outbond.

“Jenis pelatihan yang dilakukan memang berdasarkan request dari perusahaan. Jadi, perusahaan butuh tenaga kerja bidang apa, nah kami coba fasilitasi agar ketika perusahaan membuka lowongan, lulusan pelatihan yang diprioritaskan,” jelasnya.

Namun diakui Anita, tak sedikit pula lulusan pelatihan yang enggan bekerja di luar daerah.**Baca juga: Sopir Taksi Ini Dipecat Karena Tidur Saat Mengemudi.

“Harapannya ini bisa mengurangi angka pengangguran, walaupun tidak maksimal tetapi capaiannya sekitar 30 persen,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru