oleh

Disewa Pemkab Pandeglang Rp180 Juta selama 3 Bulan, Wisma PKPRI Jadi Tempat Isolasi OTG

Kabar6- Gedung Wisma PKPRI Pandeglang, Banten dijadikan tempat isolasi bagi masyarakat terpapar Covid-19 yang termasuk dalam golongan Orang Tanpa Gejala (OTG). Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di Pandeglang.

Wisma PKPRI yang dijadikan tempat isolasi OTG Covid-19, kabarnya disewa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang selama tiga bulan ke depan, sebesar Rp180 juta, dengan pembagian Rp60 juta per bulan.

Penanggungjawab Bidang Kesehatan dan Penegakan Disiplin Kesehatan pada Satgas Penanggulangan Covid-19 Pandeglang Ramadani mengatakan, rumah isolasi bagi OTG Covid-19 ini sebagai langkah memutus penyebaran Covid-19 di Pandeglang.

“Daya tampung di Gedung Wisma PKPRI ini 60 orang lebih. Karena di PKPRI ini ada sebanyak 32 kamar dengan kapasitas dua bed (tempat tidur),” ungkap Ramadani usai meresmikan rumah isolasi OTG Covid-19, di Pandeglang, Rabu (14/10/2020).

Mekanisme dalam pengelolaan rumah isolasi untuk OTG Covid-19 ini, kata dia, pihaknya mengadopsi dari Wisma Atlet Jakarta dan akan dikenakan sistem piket dengan personil dari petugas medis, BPBD dan Pol PP.

“Nanti petugas yang piket dibentuk dua shift mulai dari pukul 08:00 -20:00 dan pukul 20:00 – 08:00 WIB. Selain itu petugas medis juga akan intens melakukan pengecekan kesehatan setiap hari bagi para OTG,” katanya.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Pandeglang Gunawan Rusminto mengatakan, rumah isolasi ini merupakan kerja Pemkab Pandeglang dengan seluruh stakeholder terkait, dalam menekan penyebaran covid-19.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berkerja dari awal hingga saat ini. Semoga langkah ini dapat mengendalikan proses penyebaran covid-19 di Pandeglang,” ujarnya.

**Baca juga: Ini Sosok Dibalik Kepulangan Warga Pandeglang Jadi Korban TKI Ilegal di Suriname.

Di bagian lain Gunawan mengaku, kasus terkonfirmasi Covid-19 sekarang ini sudah mencapai 140 kasus. Sebab itu, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat Pandeglang agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan cara menerapkan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

“Bagi para pasien OTG yang diisolasi di rumah isolasi ini akan ditanggung semua kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan makan minum hingga sembuh. Bahkan di sini juga disediakan fasilitas kesehatan lainnya, seperti kendaraan operasional Ambulance dan kebutuhan lainnya,” tandasnya. (Aep)

Berita Terbaru