oleh

Dipenjara 4 Hari, Daniel Dibayar 4,1 Juta Dolar

Kabar6-Daniel Chong, seorang mahasiswa di Kota San Diego, Amerika Serikat (AS), terlantar selama empat hari dalam sel tanpa makan dan minum. Ia menerima ganti rugi sebesar 4 juta dolar atau sekitar Rp 41 miliar.

Kesengsaraan Daniel bermula pada April 2012. Ia ditangkap dalam razia narkoba dan dijebloskan ke sel seukuran 1,5 x 3 meter. Dalam pemeriksaan petugas Drug Enforcement Administration (DEA), Daniel dinyatakan tak bersalah, namun pihak kepolisian lupa mengeluarkannya. Selama di balik terali besi, kata Daniel, ia terpaksa minum air kencingnya untuk bertahan hidup, yang ditadah menggunakan dipan besi tempat tidur. Sebelumnya, ia coba mengaktifkan pancuran air darurat kebakaran di langit-langit sel, tapi gagal. “Saya mengalami nasib buruk yang benar-benar mengerikan,” kata mahasiswa fakultas teknik Universitas California ini seperti dikutip BBC, Rabu (31/7/2013). Di hari ketiga, pria berusia 23 tahun itu mengalami halusinasi. Ia melukai lengan kirinya menggunakan pecahan kacamata untuk meninggalkan sebuah pesan. Ia menulis ‘Sorry Mom’ untuk ibunya, namun hanya mampu menggoreskan huruf ‘S’. Hari keempat, Daniel ditemukan petugas DEA dalam kubangan kotorannya. Pemuda yang kehilangan berat badan 7 kilogram ini, segera dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi dehidrasi, gagal ginjal, kram, dan kerongkongan berlubang.

Setelah pulih, Daniel mengajukan gugatan ganti rugi sebesar 30 juta dolar. Departemen Kehakiman AS hanya membayar tuntutannya senilai 4,1 juta dolar.(yps)=

Berita Terbaru