oleh

Dinsos Minta Masyarakat Pro Aktif Laporkan Keberadaan ODGJ, 5 Orang Ditangani

Kabar6-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang meminta kepada masyarakat yang resah dan khawatir terhadap keberadaan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dapat melapor ke pihaknya. Mereka pun telah memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk penanganan ODGJ.

Kasie Rehabilitasi Eks Penyakit Sosial dan Tuna Sosial Dinsos Kota Tangerang, Jajat Jafar mengatakan, bila warga menemukan ODGJ bisa melapor ke Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) atau Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) setempat.

“Biar nanti TRC tindak lanjuti atas laporan tersebut. Bisa juga ada masyarakat yang langsung laporan langsung ke TRC,” ujar Jajat kepada wartawan, Rabu (7/4/2021).

Melalui TRC itu, kata Jajat, pihaknya langsung menjemput ODGJ. Sehingga dalam penanganannya ODGJ akan dibawa dan tubuhnya dibersihkan. Kemudian, TRC akan berkoordinasi dengan Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

“Kita telepon RSJ. Dibawa ke RSJ. Kurang lebih dua minggu diobati. Kalau sudah dibawa pulang, RSJ hubungi kita lagi. Kalau ada keluarga, ODGJ-nya kita kasih,” katanya.

**Baca juga: Wakil Walikota Tangerang: FKUB Jadi Wadah Pencegahan Konflik Umat Beragama

Saat ini ada lima ODGJ yang berada di Rumah Singgah Dinsos Kota Tangerang yang tengah menunggu keberadaan keluarganya.

“Mereka di Rumah Singgah ini diajak ngobrol. Diawasi tetap, karena takutnya kabur. Dikasih obat juga. Nggak boleh putus obatnya,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru