oleh

Dinsos Lebak Cleansing Data Penerima Bansos Tunai Tahap 4 & 5

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak bersiap membagikan bantuan sosial (Bansos) tunai dampak pandemi Covid-19 tahap 4 dan 5 yang bersumber dari APBD kabupaten kepada masyarakat.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak, Endin Toharudin, berharap, dalam waktu dekat sudah mulai diusulkan. Saat ini, pihaknya sedang melakukan proses cleansing data penerima.

“Insya Allah awal November mulai usulan untuk tahap 4 dan 5. Sekarang sedang proses cleansing data,” kata Endin saat dihubungi Kabar6.com, Kamis (29/10/2020).

Kata dia, proses cleansing data 32.770 keluarga ditarget selesai akhir pekan ini. Cleansing data dilakukan karena dari 32 ribuan keluarga tersebut tidak seluruhnya akan mendapat bansos tahap 4 dan 5.

“Karena dari pihak desa ada yang sudah mengusulkan ke APBN atau ke lintas sektoral seperti Dinkop, kelautan dan lain-lain. Makanya salah satu kami cut off supaya tidak double,” terang Endin.

“Bisa jadi ada KPM (Keluarga penerima manfaat) yang tidak menerima di tahap 4 dan 5 dari APBD 2 (Kabupaten), tapi mereka sudah menerima duluan dari APBN untuk tahap itu,” jelas dia.

**Baca juga: Libur Panjang, Tempat Wisata di Kabupaten Lebak Diawasi.

Endin memastikan tidak akan ada pengalihan penerima pada realisasi bansos tahap 4 dan 5 yang nilai masing-masing tahapnya Rp300 ribu.

“Tidak ada. Rencananya 2 tahap sekaligus jadi penerima mendapat Rp600 ribu,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru