oleh

Dinsos Lebak Ajukan 132 Ribu Calon Penerima Bansos ke Kemensos

Kabar6-Data 132.000 keluarga diusulkan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebak ke Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai calon penerima bantuan sosial dampak Covid-19.

“Datanya sedang kami upload ke pusat. Semua yang masuk ke kabupaten, baik kepala keluarga (KK) yang ada dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) maupun di luar itu, yang didata oleh desa kemarin,” kata Sekretaris Dinsos Lebak, Kusbandriyo saat dihubungi Kabar6.com, Kamis (23/4/2020).

Dari 132.000 lebih keluarga yang diusulkan ke pusat, 59.920 KK di antaranya merupakan non-DTKS. Jumlah tersebut bertambah karena sebelumnya data dari 28 kecamatan berjumlah 55.653 keluarga.

“Itu yang masuk ke kami, sudah divalidasi. (Jumlahnya bertambah) karena waktu yang pertama ada desa-desa yang terlewat, jadi pada saat kami proses ternyata banyak yang belum masuk,” ungkap Kusbandriyo.

Jumlah tersebut merupakan hasil verifikasi yang dicocokan dengan DTKS. Data ganda atau 1 KK mengumpulkan lebih dari 1 jiwa akan tercoret secara otomatis ketika masuk dalam DTKS.

**Baca juga: Lapas Rangkasbitung Seleksi 80 Napi Penerima Remisi Lebaran.

“Setiap data masuk kami langsung validasi. Tapi mungkin saja ada human error di kita seperti misalnya NIK nya kurang lengkap pasti akan terverifikasi lagi di pusat,” katanya.

Dia menjelaskan, pengajuan data keluarga lewat aplikasi Kemensos karena Pemerintah Pusat masih memperbolehkan pengajuan KK non-DTKS.

“Karena kita enggak tahu nih sampai kapan Covid-19 berakhir, mungkin saja lebih dari 3 bulan. Mudah-mudahan yang non-DTKS disetujui oleh pusat, kita kan masih ada cadangan provinsi karena slotnya juga kecil sekitar 11 ribu lebih,” terang dia.(Nda)

Berita Terbaru