oleh

Dinkes Tangerang Evaluasi Program Penyelamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir

Evaluasi program Dinkes Kabupaten Tangerang.(hms)

Kabar6-Tim Program Bergandengan Tangan Menyelamatkan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Kabupaten Tangerang, yang terdiri dari sejumlah instansi, menggelar pertemuan untuk melakukan evaluasi.

Pertemuan yang digagas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang ini, berlangsung di Hotel Narita, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangeran, Rabu (20/4/2016).

Dalam pertemuan itu, Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaeni mengatakan, bahwa keberhasilan program tersebut tak lepas dari kerjasama semua pihak.

Program tersebut bahkan sudah berbuah penghargaan SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik), yang diberikan Kementrian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang di Surabaya.

“Sejak program itu dicanangkan, tujuan kita bukan semata-mata ingin meraih penghargaan. Tetapi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Naniek Isnaeni.

Sementara, perwakilan Provicial Team Leader Emas Banten, dr. Askan mengatakan, program emas tersebuit sudah terdapat di 30 kabupaten dan kota se-Indonesia.

Hanya saja, kata dia, dari 30 Kabupaten dan Kota itu, Kabupaten Tangerang yang memiliki sistem rujukan yang komprehensif.

“Keunggulan Kabupaten Tangerang ini adalah memiliki sistem rujukan kegawatdaruratan maternal dan neonatal,” kata dia.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Didin Samsudin menjelaskan, bahwa gerakan penyelamatan ibu dan bayi baru lahir dicanangkan Pemkab Tangerang pada tanggal 16 Januari 2014.

Program mulai disosialisasikan pada tanggal 15 Desember 2015 lalu, dengan dasar Peaturan Bupati No. 128 Tahun 2015, tentang pedoman pelayanan rujukan kegawatdaruratan maternal dan neonatal, dan telah disepakti bersama oleh Pemkab Tangerang dan seluruh rumah sakit di wilayah itu.

“Untuk menyukseskan program ini, kami bergandengan tangan dengan seluruh rumah sakit,” kata dia. **Baca juga: Kabupaten Tangerang Sabet Dua Penghargaan dari Kementrian PAN-RB.

Sehingga akhirnya Pemkab Tangerang mendapat apresiasi berupa penghargaan dari KemenPAN-RB.(hms/alby)

Berita Terbaru