oleh

Dinkes Pandeglang Gencar Lakukan Vaksinasi di Desa dan Pelayanan Publik Hingga Akhir Desember 2021

Kabar6-Kegiatan serbuan Vaksin gencar dilakukan di Kabupaten Pandeglang, selain untuk mendorong capaian vaksinasi dan terpenting mendorong peningkatan produktifitas baik masyarakat maupun Pemerintah.

Pemkab Pandeglang sudah melakukan berbagai cara melakukan vaksinasi kepada warganya agar capaian vaksinasi mencapai target dengan harapan dapat mengendalikan penyebaran Covid-19 di Pandeglang.

Upaya gebyar vaksin cukup baik sehingga capaian vaksinasi di Kabupaten Pandeglang mengalaminya peningkatan dari sebelumnya, Tak berhenti disitu, Pemkab Pandeglang melalui Dinas Kesehatan mengadakan vaksinasi di pelayanan publik dan desa di Pandeglang.

Pj Sekretaris Daerah Pandeglang Taufik Hidayat mengungkapkan, seluruh pelayanan publik di Pandeglang mewajibkan vaksinasi bagi pengunjung. Menurutnya vaksinasi menjadi salah satu syarat mendapatkan pelayanan.

“Seluruh pelayanan publik bagi orang yang akan mendapatkan pelayanan tersebut mohon disiasati agar ada persyaratan harus di vaksin,” kata Taufik, Rabu (15/12/2021).

Taufik menerangkan, bagi masyarakat yang belum divaksin, Pemkab Pandeglang sudah menyiapkan petugas di lapangan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan vaksinasi di pelayanan publik tersebut.

“Petugas di lapangan sudah kita siapkan, dengan kita ingin menyisir warga yang belum mendapatkan pelayanan vaksinasi,”ungkapnya.

Dengan menyiapkan layanan vaksinasi di berbagai sektor, Taufik berharap warga Pandeglang bisa mendapatkan layanan vaksinasi, sebab saat ini amino masyarakat Pandeglang cukup tinggi.

“Vaksin ini bukan untuk orang lain tapi untuk diri sendiri. Oleh karena itu ketika di vaksin kita menyelamatkan diri kita sendiri, menyelamatkan Keluarga dan orang lain,”ujarnya.

Sementara Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Eniyati menyebut, pemerintah menetapkan sasaran vaksinasi sebanyak 982.497 jiwa. Namun yang baru divaksin dosis pertama sebanyak 479 ribu jiwa dan dosis kedua baru 261 ribu jiwa.

Dia menerangkan pemerintah bukan tanpa upaya. Sejak akhir Oktober lalu, Dinkes bersama instansi lainnya sudah melakukan Gebyar Vaksinasi dengan target 2.500 dosis bisa disuntikan setiap harinya per kecamatan.

“Pada saat HKN (Hari Kesehatan Nasional) dan Hari Pahlawan yang dimulai 29 Oktober-10 November 2021, itu sangat meningkatkan daya ungkit untuk capaian vaksinasinya tinggi,” ucapnya.

Kabar6.com
Dinkes Pandeglang Gencar Lakukan Vaksinasi di Desa dan Pelayanan Publik Hingga Akhir Desember 2021.(Aep)

Eniyati melanjutkan, kegiatan vaksinasi di Pandeglang sudah dibantu oleh berbagai leading sektor. Pasalnya vaksinasi tidak bisa ditangani oleh Dinkes sendiri.

“Kami siap melakukan vaksin berapa pun. Memang selama ini sudah ada bantuan, tapi perlu dioptimalkan lagi agar masyarakat mau divaksin,” jelasnya.

Eniyati menyadari, meski sulit untuk mengejar target 70 persen, namun pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin untuk menggenjot vaksinasi. Mulai Rabu 15 Desember 2021, setiap desa diwajibkan untuk melakukan vaksinasi terhadap 85 orang.

“Kekurangan capaian kita sekitar 21 persen dalam waktu 15 hari ini akan kita kejar sehingga semua desa mulai besok (Rabu, 15 Desember 2021) tidak ada lagi yang tidak melakukan vaksinasi. Target per desanya itu 85 orang disetiap hari kerja,” tegasnya.

Pelayanan publik di Pandeglang yang sudah melakukan vaksinasi salah satunya Mall Pelayanan Publik (MPP) Pandeglang.

Sebagai pusat pelayanan publik terbanyak dan terbesar di Pandeglang, MPP mewajibkan pengunjung memberlakukan wajib vaksinasi, bagi masyarakat yang ingin mendapat pelayanan.

Manager On Duty MPP Pandeglang, Tedy Fauzi mengungkapkan, terhitung Senin (6/12/2021), masyarakat wajib membawa persyaratan kartu sebagai bukti divaksin dan memiliki aplikasi peduli lindungi. Jika tak membawa persyaratan itu, jangan harap bisa dilayani oleh pihak MPP Pandeglang.

**Baca juga: Raihan Emas Pandeglang Meningkat Pada MTQ XVIII Banten

Bukan hanya memberlakukan syarat wajib sudah divaksin dan aplikasi lindungi saja, pihak MPP sudah bekerjasama dengan tim kesehatan menyiapkan fasilitas penyuntikan vaksin di halaman MPP Pandeglang.

“Bagi masyarakat yang belum divaksin ketika ingin mendapatkan pelayanan, bisa langsung divaksin di MPP Pandeglang. Alhamdulillah, tadi juga tak sedikit yang divaksin di MPP,”tandasnya.(Adv)

Berita Terbaru