oleh

Dinkes Lebak: Penyakit Tidak Menular Tinggi

Kabar6-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak menyebut, persentase penyakit tidak menular tergolong cukup tinggi. Penyakit ini seperti stroke, jantung, hipertensi, diabetes dan lain sebagainya.

“Kalau dilihat dari jumlah penduduk Kabupaten Lebak, persentase penyakit tidak menular cukup tinggi, dan secara Nasional pun mulai merangkak naik,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, dr Firman Rahmatullah kepada Kabar6.com, Senin (31/12/2018).

Kebiasaan hidup yang tidak sehat menjadi penyebabnya. Firman menempatkan, aktivitas fisik di nomor pertama dari beberapa kebiasaan hidup tidak sehat yang ia maksud.

“Ini yang kadang lupa dilakukan, paling tidak saat kita bekerja ada waktu istirahat untuk menggerakan badan, atau penyegaran, atau misalnya setiap hari kita harus jalan kaki, nah kan kalau sekarang kemana-mana naik motor akibatnya pergerakan tubuh berkurang,” papar Firman.

Kemudian pola makan. Kurangnya konsumsi buah dan sayur, konsumsi makanan mengandung pengawet atau mengadung pemanis buatan, dan goreng-gorengan.**Baca juga: Tahanan Narkoba Polresta Tangerang Diruqiah.

“Pada prinsipnya gaya hidup,” imbuh Firman.(Nda)

Berita Terbaru