oleh

Dinkes Lebak Ingatkan Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Kemarau

Kabar6-Beberapa penyakit seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan diare patut diwaspadai oleh masyarakat saat musim kemarau.

“ISPA disebabkan dari kekeringan dan debu yang bertebaran,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, dr Firman Rahmatullah, Jum’at (2/8/2019).

Sementara, diare bisa timbul disebabkan akibat sulitnya masyarakat mendapat air bersih kemudian beralih mencari sumber air ke sungai untuk kebutuhan memasak, mencuci maupun mandi cuci kakus (MCK)

“Jadi mungkin doli (modol di kali) dan dolsu (modol di sungai) bisa muncul penyebaran penyakit,” ujarnya.

Menurut Firman, ketersediaan air bersih untuk masyarakat menjadi keharusan untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit akibat kondisi lingkungan.

“Kondisi ini yang harus diperhatikan bersama. Air bersih menjadi syarat mutlak untuk mencegah timbulnya penyakit,” terangnya.

Anggota Komisi III DPRD Lebak dr. Juwita Wulandari berharap, kesadaran masyarakat dalam menjalankan pola hidup sehat semakin baik. Khususnya saat kemarau, makanan yang akan dikonsumsi harus dipastikan bersih dari debu.

**Baca juga: Jampas Pecahkan Rekor MURI, Menteri Yasonna: Bangun Generasi Muda Berkarakter.

“Debu yang menempel pada makanan yang dikonsumsi berisiko menimbulkan penyakit karena bakteri. Pakai masker saat akan bepergian menggunakan sepeda motor jadi salah satu mencegah debu terhirup,” kata Juwita.

Dia berharap, PDAM senantiasa mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat. Sedangkan, warga yang belum terlayani diharapkan bisa mendapat suplai air bersih dari instansi terkait.

“Agar kebutuhan air terpenuhi sehingga masyarakat tidak mencari sumber air yang justru tidak seharusnya digunakan karena tidak layak,” harapnya.(Nda)

Berita Terbaru