oleh

Dinilai Membahayakan Nyawa Petugas, Seorang Polisi di AS Tolak Selamatkan Pria yang Tenggelam

Kabar6-Sebuah video yang lantas menjadi viral beredar di Amerika Serikat (AS). Dalam rekaman video tadi tampak seorang polisi di Arizona tidak menolong pria yang tenggelam di danau.

Diketahui, polisi itu awalnya sudah menasihati pria tadi agar jangan berenang. “Kamu tidak boleh berenang di danau,” ujar petugas polisi itu. Namun ucapan tersebut tidak diindahkan. Tak lama kemudian, pria bernama Sean Bickings (34) minta tolong karena tenggelam, namun polisi enggan terjun ke air.

Kejadian tersebut terekam di body camera milik polisi. “Saya tenggelam,” ujar Bickings. Dan polisi itu menjawab, “Oke, saya tidak akan menyebur untukmu.” ** Baca juga: Pistol Tergeletak di Rumah, Seorang Balita Asal AS Tak Sengaja Tembak Mati Ayahnya

Awalnya, melansir npr, polisi datang untuk menengahi cekcok antara Bickings dan pasangannya. Saat polisi sedang melakukan pemeriksaan, Bickings malah berenang ke air danau di kota Tempe, Arizona. Polisi yang bertugas mendapat pembelaan dari asosiasi polisi setempat. Pasalnya, upaya penolongan bisa membahayakan polisi yang bertugas maupun korban. Selain itu, polisi yang datang tidak dilengkapi peralatan memadai untuk menolong orang tenggelam.

“Berupaya melakukan penolongan risiko tinggi bisa dengan mudah mengakibatkan kematian orang yang berada di air itu dan petugas yang dapat tertarik oleh orang dewasa yang tenggelam itu,” demikian pernyataan resmi Tempe Officers Association.

Pada kondisi itu, polisi dilatih untuk menelepon damkar atau polisi kapal Tempe, atau keduanya. Pihak asosiasi berkata, polisi yang menjadi saksi telah melakukan hal-hal tersebut.

Setelah insiden tersebut, ada tiga polisi yang berada status ‘cuti’. Namun, status itu tidak termasuk disipliner dan mereka masih mendapatkan upah. Sejumlah penegak hukum masih menginvestigasi peristiwa tragis tersebut. Hampir seluruh momen terekam kamera, namun polisi tidak merilis ketika korban kehilangan nyawa karena kontennya sensitif.

Kepala Polisi setempat, Jeff Glover, telah menemui ibu korban. Tempe Officers Association berkata apa yang terjadi adalah sebuah tragedi manusia. “Tenggelamnya Sean Bickings pada pagi hari di 28 Mei adalah sebuah tragedi manusia. Duka kami mencerminan duka komunitas kita. Tak ada yang ingin insiden ini berarti seperti itu.”

Arizona Peace Officer Standards and Training Board yang menerapkan kurikulum kepolisian di Arizona juga menjelaskan, orang-orang yang ingin jadi polisi tidak perlu menampilkan kemampuan berenang. Tak ada pula pelatihan dasar terkait pertolongan di air.

Kepolisian Tempe dan pemerintah kota kini sedang melakukan asesmen untuk meningkatkan kualitas pertolongan di air. Mereka akan membahas alat-alat apa yang dibutuhkan petugas, serta agar ada peralatan penolong di perairan.(ilj/bbs)