oleh

Dilanda Panik, Warga AS Borong Pil Anti Radiasi Karena Khawatir Pecah Perang Nuklir

Kabar6-Warga Amerika Serikat (AS) tengah dilanda kepanikan, terkait kekhawatirian akan pecahnya perang nuklir dengan Rusia. Karena itulah, mereka berbondong-bondong membeli tablet potasium iodida, yang dapat menangkal efek keracunan radiasi.

Padahal, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS telah memperingatkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi pil anti radiasi bisa mematikan. Menurut laporan, melansir Newsweek, produsen kalium iodida di AS telah mencatat persediaan yang cepat habis sehubungan dengan invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari lalu. Produsen pil IOSAT mengatakan, obat produksinya yang dijual seharga sekira Rp200 ribu per bungkusnya telah habis terjual di situs webnya.

Kondisi ini membuat harga pil yang dapat melawan efek keracunan radiasi itu pun perlahan naik, untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Di situs belanja online e-Bay, empat kotak tablet kalium iodida Thyrosafe terdaftar seharga sekira Rp2,1 juta. Sedangkan sekotak pil IOSAT 130 mg masing-masing dijual seharga sekira Rp1,2 juta.

Iodida radioaktif diketahui merusak tiroid, kelenjar endokrin di leher yang menghasilkan hormon untuk mengatur tubuh. Menurut CDC, setelah dilepaskan ke atmosfer, ia dapat terhirup ke paru-paru dan mencemari air, tanah, tumbuhan, dan hewan setempat.

Jika paparan radiasi terjadi, kelenjar tiroid tidak akan dapat melihat perbedaan antara radioiodine dan yodium biasa dan akan menyerap keduanya, dengan terlalu banyak paparan menjadi penyebab utama kanker tiroid.

CDC memperingatkan bahwa dosis tunggal melindungi kelenjar tiroid hanya selama 24 jam, dengan lebih dari satu dosis berpotensi lebih berbahaya. ** Baca juga: Davis, Wanita Asal AS dengan Dua Miss V dan Dua Rahim

Ditambahkan, mengonsumsi lebih dari yang direkomendasikan tidak menawarkan perlindungan lebih dan sebenarnya dapat menyebabkan penyakit parah atau kematian. CDC pun mencatat, tablet juga hanya bekerja paling baik untuk kelompok usia tertentu.(ilj/bbs)