oleh

Dikonsumsi Berlebihan, 5 Makanan dan Minuman Khas Lebaran Ini Bisa Ganggu Kesehatan

Kabar6-Saat Lebaran, aneka makanan yang mengugah selera akan tersaji, dari makanan ringan atau snack hingga makanan berat, termasuk minuman dingin manis maupun minuman soda.

Hal yang harus Anda ingat, tidak semua makanan yang tersaji saat Lebaran baik bagi kesehatan. Karena itulah, Anda sebaiknya makan dengan porsi yang tidak berlebihan agar terhindar dari sejumlah gangguan kesehatan. Melansir axa, ini makanan khas Lebaran yang jangan dikonsumsi secara berlebihan:

1. Opor ayam atau rendang
Makanan Lebaran biasanya identik dengan opor ayam dan rendang daging karena memiliki rasa yang istimewa sekaligus lezat. Salah satu makanan khas ini tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan. Bahaya makanan khas lebaran yang satu ini adalah santan yang dapat memicu kolesterol dalam tubuh.

Jadi, hindari makan opor dan rendang secara berlebihan agar kolesterol dalam tubuh tidak meningkat. Pilihlah salah satu, jika Anda makan rendang daging, maka sebaiknya tidak mengambil opor ayam lagi.

2. Gulai kari dan sate kambing
Makanan Lebaran kedua yang harus diwaspadai adalah gulai kari dan sate kambing. Bahaya makanan khas lebaran yang satu ini sama bahayanya dengan opor dan rendang, yaitu santannya dapat memicu kolesterol.

Sate kambing juga diketahui dapat memicu hipertensi dan dyslipidemia serta dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke bagi penderitanya.

3. Es sirop dan soda
Minuman menyegarkan ini memang paling enak ketika diminum bersama dengan makanan Lebaran yang telah disajikan, terlebih lagi disajikan dengan es batu yang dingin. Meskipun enak, rasa manis dari sirop bisa mengakibatkan efek yang buruk pada tubuh.

Glukosa atau gula yang tinggi berpotensi penyakit diabetes melitus dan obesitas. Kemudian, minuman soda dapat membahayakan kesehatan lambung dan tulang. Jadi, batasi konsumsi dua minuman ini, ya.

4. Soto jeroan
Kuah soto yang hangat dan gurih, dicampur dengan bawang goreng yang lezat, pas sekali dengan hidangan ketupat Lebaran. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, soto jeroan tidak baik untuk kesehatan.

Soto jeroan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan asam urat. Kemudian jika Anda mengonsumsi makanan ini secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung.

5. Kue kering
Kue kering dengan rasa manis dan gurih ini memiliki kandungan kalori yang tinggi, sehingga Anda yang mengidap diabetes melitus dan obesitas sebaiknya hindari mengonsumsi jenis makanan ini. ** Baca juga: Cara Sehat Menikmati Makanan Lebaran Tinggi Lemak

Makanlah dalam porsi wajar dan jangan berlebihan atau lapar mata, agar terhindar dari sejumlah gangguan kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru