oleh

Dikenal Modern, Ternyata Korea Selatan Punya 7 Mitos Unik

Kabar6-Meskipun saat ini teknologi semakin canggih, segala hal yang berbau mitos tetap saja menjadi hal yang menarik. Sama halnya, di Korea Selatan (Korsel) yang masyarakatnya sudah modern, ternyata sebagian masih percaya mitos.
Apa saja sih tujuh mitos unik yang masih dipercaya masyarakat Korsel? Melansir MSN berikut uraiannya:

1. Dilarang memberi hadiah sepatu
Sebagian masyarakat Korsel percaya, memberi sepatu akan membuat sang kekasih ‘melarikan diri’. Ironisnya, sang kekasih akan bilang putus saat menggunakan sepatu yang Anda berikan tadi.

2. Menulis menggunakan tinta merah dianggap ancaman kematian
Menulis nama seseorang dalam tinta merah hanya ada dua alasan, yaitu orang yang bersangkutan memang telah wafat, atau Anda mengharapkan kematiannya.

3. Bermimpi babi akan mendapatkan keberuntungan
Bagi orang Korsel, mimpi bertemu babi bermakna orang itu akan segera kaya dan mendapat banyak rezeki. Ya, babi merupakan simbol kekayaan dan kesuburan bagi mereka. Apalagi pengucapan babi dalam bahasa setempat mirip dengan pelafalan permata.

4. Meletakkan kaca di depan pintu menghalangi keberuntungan
Warga Korsel percaya, meletakkan kaca di depan pintu bisa menghalangi keberuntungan masuk ke rumah, seperti kaca yang memantulkan cahaya.

5. Bersiul di malam hari bisa memanggil arwah
Jangan sekali-kali bersiul di malam hari, karena itu berarti Anda dianggap sedang memanggil arwah, hantu, atau iblis.

6. Angka 4 dianggap membawa sial
Jarang sekali ditemukan bangunan-bangunan di Korea yang bernomor 4. Biasanya setelah lantai 3, langsung ke lantai 5 begitu seterusnya.

7. Cuci rambut bisa hilangkan keberuntungan
Menjelang tahun baru, orang Korsel biasanya tidak akan mencuci rambut. Mereka meyakini, membilas atau mencuci rambut akan menghilangkan keberuntungan. ** Baca juga: Hilang 20 Tahun Lalu, Ternyata Mobil yang Dicari Ada di Tempat Parkir

Bagaimana dengan mitos di daerah Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru