oleh

Dijamin Tahan Gempa Atau Kebakaran, Rumah Ini Terbuat dari Lumpur & Botol

Pekerja menyusun botol dengan campuran lumpur.(ntd.tv)
Pekerja menyusun botol dengan campuran lumpur.(ntd.tv)

Kabar6-Ada saja ide kreatif yang diciptakan untuk membangun sebuah rumah yang tahan gempa sekaligus kebakaran. Di Nigeria, para warga menggunakan limbah botol plastik, yang jumlahnya bisa mencapai sekira tiga juta limbah botol plastik per hari.

Proyek pembangunan rumah dengan memanfaatkan limbah botol plastik ini, dilansir ntd.tv, bertujuan untuk membangun rumah bagi para tunawisma yang ada di Nigeria sekaligus untuk mengurangi limbah botol plastik.

Sebagian dinding berdiri kokoh.(True Activist)
Sebagian dinding berdiri kokoh.(True Activist)

Adalah dua organisasi non pemerintah, Organisasi Masyarakat Afrika yang berbasis di London, Inggris dan Asosiasi Pembangunan Energi Terbarukan di Kaduna, Nigeria, yang memprakarsai ide ini. Keduanya tergabung dalam Trus Activist.

Proses pembuatan rumah ini hampir sama dengan pembangunan rumah pada umumnya. Hal yang membedakan hanya bahan bakunya saja, yaitu menggunakan botol plastik yang diisi dengan pasir.

Botol-botol plastik yang telah berisi pasir ini akan disusun dan disatukan dengan campuran semen serta lumpur, hingga menjadi dinding yang kokoh. Untuk membangun sebuah rumah dengan dua kamar tidur setidaknya diperlukan hingga 14 ribu botol.

Disebutkan, penggunaan botol berisi pasir ini juga bisa membantu untuk menjaga suhu di dalam ruangan tetap rendah mengingat cuaca dan iklim di Nigeria yang sangat panas. ** Baca juga: Terpesona Kecantikan Korbannya, Pencuri Ini Malah Tulis Surat Cinta

Menarik bukan? (ilj/bbs).

Berita Terbaru