oleh

Digigit Ular Berbisa Sebabkan Otot Dua Pria Ini Meledak

Kabar6-Apes benar nasib dua orang pria asal Jepang ini. Usai dipatuk ular berbisa, dua pria yang tidak disebutkan namanya itu mengalami hal tak terduga, otot mereka meledak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kondisi tadi, melansir thesun, disebut sebagai acute compartment syndrome (ACS). Masalahnya, otot yang meledak itu bisa menjadi hal yang mematikan jika tidak segera ditangani dengan benar. Dalam banyak kasus, dokter bahkan harus merobek otot demi menghilangkan tekanan yang sangat hebat di dalamnya. Kebanyakan kasus ini terjadi karena cedera trauma. Namun bagi kedua pria ini, penyebab dari ACS yang dideritanya adalah gigitan ular.

Kedua pria tersebut, menurut pakar kesehatan, dipatuk ular beracun bernama mamushi. Pria pertama diketahui berusia 42 tahun, dan mengalami rasa nyeri luar biasa pada kaki kanan bawah. Saat diperiksa, jumlah sel darah putihnya meningkat tajam sebagai reaksi alami tubuh untuk melawan bisa ular. Sedangkan pria kedua berusia 38 tahun, diketahui dipatuk ular pada lengan kiri atas.

Bagian tubuh yang dipatuk pada kedua pria ini membengkak parah sehingga dokter terpaksa harus membuka kulit dan jaringan otot demi menghilangkan tekanan pada dalam otot. Setelah menjalani berbagai proses pengobatan, keduanya bisa pulih kembali. Namun pasien yang berusia 42 tahun mengalami beberapa kelumpuhan saraf dalam dua tahun setelahnya. ** Baca juga: 6 Alat Kontrasepsi Aneh Zaman Dulu dari Berbagai Tempat

Diketahui, ular mamushi bisa ditemui di hampir seluruh Jepang. Pakar kesehatan setempat pun menyarankan para wisatawan dan masyarakat untuk berhati-hati dengan keberadaan ular ini, dan langsung datang ke rumah sakit jika dipatuk.(ilj/bbs)

Berita Terbaru