Home / Aneka Berita / Sehat / Diet yang Salah Bisa Sebabkan Anda Kehilangan 6 Nutrisi Tanpa Disadari
Ilustrasi/bbs

Diet yang Salah Bisa Sebabkan Anda Kehilangan 6 Nutrisi Tanpa Disadari

Kabar6-Olahraga dan diet menjadi cara populer yang banyak dilakukan orang untuk menurunkan berat badan. Untuk menurunkan berat badan dengan cara sehat, tubuh memerlukan nutrisi tertentu agar bisa ramping tapi tetap sehat.

Melakukan diet yang salah akan membuat tubuh kehilangan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Sayang, sebagian besar mereka yang melakukan diet melupakan beberapa nutrisi penting yang seharusnya dimasukkan dalam pola makan.

Padahal efek langsungnya ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang, otak dan menurunkan energi. Melansir Boldsky, berikut enam nutrisi yang tanpa disadari hilang saat melakukan diet:

1. Vitamin yang larut dalam lemak &an asam lemak
Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K akan membantu menurunkan berat badan. Asam lemak omega-3 juga akan larut dalam lemak. Vitamin dan asam lemak omega-3 ini akan meningkatkan proses penurunan berat badan karena mereka adalah asam lemak tak jenuh tunggal. Itu membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Makanan yang larut dalam lemak antara lain kacang, salmon, mackerel, dan alpukat.

2. Vitamin C
Vitamin C membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Selain itu, vitamin C sebagai antioksidan yang membantu berfungsinya sel. Vitamin C membantu tubuh untuk memetabolisme lemak dan kekurangan vitamin. Ini juga bisa membantu menurunkan berat badan untuk mencapai Indeks Massa Tubuh (IMT) yang sehat. Tambahkan makanan yang kaya akan vitamin C ke dalam menu makanan sehari-hari seperti jeruk, paprika, raspberry, stroberi dan cranberry.

3. Vitamin B6
Vitamin B6 merupakan vitamin yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Nutrisi ini membantu memproduksi serotonin dan neurotransmitter yang dapat mengatur suasana hati Anda. Jika serotonin dalam tubuh rendah, akan mengarah pada keinginan makan yang tidak sehat dan akan merasa tertekan. Untuk menjaga serotonin tetap stabil, Anda bisa mengonsumsi oat, lentil maupun kacang.

4. Kalsium
Penelitian baru telah menemukan bahwa mengonsumsi jumlah kalsium dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, dapat mempertahankan berat badan Anda tetap stabil. Para peneliti percaya bahwa mineral ini membantu sel-sel metabolisme mencapai potensi terbaik.

Tubuh Anda dapat mencerna makanan dan menyerap nutrisi lebih baik. Otot-otot akan bekerja lebih keras saat berolahraga. Selain susu, tahu, kale, keju, paneer dan plain curd juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

5. Magnesium
Mineral yang satu ini mungkin sering dilewatkan ketika melakukan diet. Magnesium ini membantu menurunkan berat badan Anda dalam dua cara. Cara yang pertama adalah mencegah kembung dan menjaga pencernaan sesuai jadwal Anda. Hal yang kedua dengan membangun otot tubuh.

Ketika Anda berolahraga, lemak akan terbakar dan magnesium akan mengubahnya menjadi otot. Sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, tahu dan yoghurt bisa ditambahkan ke dalam menu makan Anda.

6. Zinc
Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makanan kaya Zinc mengandung protein tinggi. Ini akan membantu Anda lebih cepat kenyang.

Studi lain mengatakan bahwa orang gemuk yang mengonsumsi makanan mengandung zinc menunjukkan penurunan berat badan. Makanan kaya akan zinc yang bisa ditambahkan kedalam diet Anda yaitu kacang polong dan makanan laut. ** Baca juga: Benarkah Air Kelapa Dapat Atasi Keracunan Makanan?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Check Also

Tidak Asal Minum, Ada Aturan Konsumsi Kopi untuk Wanita

Kabar6-Nyaris sebagian orang senang minum kopi, entah itu untuk mengawali pagi atau pada sore hari. ...