oleh

Diet Selalu Gagal Karena 5 Kesalahan yang Sering Tak Disadari

Kabar6-Program diet yang diharapkan dapat membantu berat badan turun secara bertahap, terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Alhasil, usaha yang dilakukan terasa terasa sia-sia karena berat badan tak juga bergeming, bahkan justru naik.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata, melansir womantalk, beberapa kesalahan dalam diet akan membuat berat badan Anda gagal turun. Bukan hanya itu, ada risiko masalah kesehatan lain juga yang mengikutinya. Ini kesalahan yang dimaksud:

1. Mengurangi jumlah asupan gizi
Diet seimbang terdiri karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Namun beberapa jenis diet justru dilakukan dengan membatasi asupan gizi tertentu.

Misalnya mengurangi karbohidrat, dan meningkatkan asupan gizi lainnya seperti protein dan lemak secara berlebih. Padahal kebiasaan seperti itu bisa merusak ginjal dan meningkatkan kadar kolesterol.

2. Tidak makan garam
Konsumsi garam yang tinggi memang bisa menyebabkan darah tinggi, tapi diet tanpa garam atau makan tanpa menambahkan garam sedikit pun juga membahayakan.

Tubuh tetap membutuhkan asupan garam terutama untuk produksi hormon tiroid, memelihara keseimbangan cairan tubuh, menjaga aktivitas sel saraf, kontraksi serta rileksasi otot, dan meningkatkan fungsi otak.

3. Tidak memerhatikan komposisi makanan
Makanan atau minuman ‘berlabel’ sehat seperti jus dan susu sekalipun jika Anda perhatikan, memiliki kandungan yang kurang sehat seperti margarin (trans fat), sukrosa (pemanis), atau bahan tambahan lainnya. Jadi pilihan terbaik adalah memilih makanan alami.

4. Minum obat pelangsing tanpa pengawasan ahlinya
Kebiasaan ini mengandung risiko kesehatan sekaligus memiliki sejumlah dampak kesehatan. Dari yang sekadar turun berat badan tapi kekurangan cairan tubuh, diare, hingga kerusakan organ. Disarankan berkonsultasi dengan ahlinya jika sudah berurusan dengan obat-obatan.

5. Memuntahkan kembali makanan
Selain punya dampak kesehatan, memuntahkan kembali makanan secara paksa juga merupakan gangguan psikologis yang membahayakan.

Jadi, diet yang aman dan sehat adalah diet yang menerapkan gizi seimbang. Artinya memperbaiki gaya hidup kita yang salah satunya dilakukan dengan mengubah pola makan dan preferensinya. ** Baca juga: Studi Buktikan, Putus Persahabatan Lebih Sakit Ketimbang Putus dengan Pacar

Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral setiap hari dengan porsi dan jadwal yang sesuai.(ilj/bbs)

Berita Terbaru