oleh

Diet Jadi Tidak Optimal Karena 9 Kebiasaan Ini

Kabar6-Banyak orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan berat badan stabil. Tidak heran, mereka pun berusaha menjaga pola makan, bahkan berpantang mengonsumsi makanan tertentua.

Sayangnya, seringkali usaha itu tidak juga membuahkan hasil yang memuaskan. Apa penyebabnya? Melansir Livestrong, terdapat sejumlah kebiasaan sehari-hari yang membuat usaha diet Anda tidak optimal. Apa sajakah itu?

1. Tidak tahu berapa jumlah kalori yang dikonsumsi
Meskipun ada banyak hal yang mengakibatkan peningkatan berat badan, penyebab utama peningkatan berat badan adalah lebih banyaknya energi yang dikonsumsi ketimbang energi yang dikeluarkan.

Banyak orang tidak mengetahui berapa banyak kalori yang telah dikonsumsinya setiap hari dan terus makan sepanjang hari.

2. Gunakan piring makan ukuran besar
Ukuran piring makan yang digunakan turut berperan dalam diet Anda. Manusia seringkali menggunakan ukuran piring atau mangkok yang mereka gunakan untuk menentukan berapa banyak makanan yang telah mereka konsumsi.

Gantilah piring makan dengan ukuran yang lebih kecil. Saat melihat betapa penuh piring makan maka Anda pun akan lebih jarang merasa kelaparan meski porsi makan berkurang.

3. Terlalu sering makan di luar
Berdasarkan data berbagai penelitian, para ahli menemukan bahwa saat seseorang makan di luar rumah, maka mereka makan lebih banyak atau mengonsumsi makanan dengan kalori yang lebih tinggi atau keduanya.

Jadi, lebih baik memasak sendiri makanan Anda. Bila tetap ingin sesekali makan di luar, maka pastikan Anda memilih makanan sehat dengan porsi yang tidak terlalu besar.

4. Jarang timbang berat badan
Bila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka menimbang berat badan Anda secara teratur, baik setiap hari maupun sekali setiap minggu dapat membantu usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Hal yang harus diingat, berat badan yang berubah-ubah setiap harinya merupakan hal yang normal. Timbanglah berat badan Anda setiap pagi dan selalu gunakan timbangan yang sama setiap kalinya.

5. Sering konsumsi minuman berkalori
Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering berbagai jenis minuman berkalori berhubungan dengan terjadinya obesitas dan diabetes tipe 2. Pilihlah minuman tanpa kalori seperti air putih, kopi hitam, atau teh.

6. Mengemil malam hari
Kebiasaan mengemil di malam hari merupakan kebiasaan yang sangat buruk bila Anda ingin menurunkan berat badan. Berbagai penelitian menemukan, orang yang sering mengonsumsi banyak kalori di waktu malam lebih sering memiliki berat badan berlebih dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi lebih banyak kalori di siang hari.

Para peneliti menemukan, makan di atas jam delapan malam merupakan salah satu penyebab terjadinya peningkatan berat badan seseorang, tidak peduli berapa total energi yang digunakan di sepanjang hari dan tidak peduli jam berapa orang tersebut tidur atau berapa lama mereka tidur.

7. Konsumsi gula berlebihan
Orang yang sangat menyukai makanan manis cenderung lebih mudah mengalami peningkatan berat badan dan sering menggunakan makanan atau minuman manis untuk menenangkan diri juga dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan. Hindarilah konsumsi minuman bersoda karena minuman ini justru dapat membuat Anda semakin ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis.

8. Kurang tidur
Kurang tidur dapat mengganggu proses penurunan berat badan, dan justru dapat meningkatkan berat badan Anda. Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan gangguan keseimbangan hormon pengatur nafsu makan, yang membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon yang memicu rasa lapar (ghrelin) dan menekan produksi hormon yang memicu rasa kenyang (leptin).

Jadi, kurang tidur dapat membuat Anda merasa lebih lapar dan lebih ingin mengkonsumsi makanan tinggi kalori seperti karbohidrat dan lemak. Tidurlah setidaknya selama 7-8 jam setiap harinya. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan pada saat liburan atau akhir pekan.

9. Jarang olahraga
Apakah kesibukan dalam bekerja membuat Anda tidak dapat berolahraga? Para ahli menganjurkan agar Anda berolahraga dengan intensitas sedang selama setidaknya 150 menit setiap minggunya.

Jika Anda tidak dapat berolahraga selama 20-30 menit setiap harinya, maka lakukanlah lebih banyak aktivitas fisik seperti naik tangga daripada naik lift. ** Baca juga: Agar Diet Sukses, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Jadi, hal yang terlihat sepele ternyata justru dapat membuat program diet Anda menjadi tidak optimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru