oleh

Diet Ekstrem Sebabkan Sejumlah Masalah Kesehatan

Kabar6-Mengurangi porsi makan menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan orang saat sedang menjalankan program diet. Sebenarnya, tak ada yang salah dengan diet. Bahkan banyak penelitian yang mengatakan, diet juga dapat mencegah tubuh dari ancaman berbagai penyakit serta dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Sayangnya, sejumlah orang menjalani diet yang tidak sesuai dengan prosedur normal alias diet ekstrem. Hal ini tentu saja membuat kebutuhan gizi pada tubuh tidak tercukupi.

Meskipun dapat menurunkan berat badan cukup drastis dengan waktu yang singkat, metode diet ekstrem dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Melansir beberapa sumber, apa saja efek yang ditimbulkan?

1. Tubuh jadi sangat lemas
Tanda awal bahaya diet ekstrem yang dapat terjadi pada tubuh seseorang adalah munculnya rasa lemas yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Hal ini karena tubuh kekurangan energi dan kalori yang didapat dari makanan, sementaran tubuh terus melakukan pembakaran kalori. Diet ekstrem juga dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak sadarkan diri.

2. Kepala terasa pusing
Selain tubuh menjadi lemas, diet ekstrem juga bisa membuat kepala terasa sangat pusing. Namun bukan rasa pusing seperti biasanya, tetapi pusing yang dialami bahkan dapat menyebabkan mimisan.

3. Kesulitan untuk bernapas
Saat seseorang menjalani diet ekstrem, tubuh pun menjadi kurang oksigen sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat sedang bernapas.

Bahaya diet ekstrem yang satu ini harus diatasi dengan segera mengonsumsi setidaknya makanan ringan, karena jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kematian.

4. Hormon menjadi tidak seimbang
Ketika hormon menjadi tidak seimbang, maka masa menstruasi pun menjadi kacau dan paling parahnya dapat menyebabkann kantong rahim kering.

5. Area pencernaan menjadi tidak lancar
Saat sedang menjalani diet, pastikan jumlah asupan serat juga terjaga. Jika tidak, area pencernaan menjadi tidak lancar sehingga seseorang akan merasakan sembelit dan memiliki kesulitan saat hendak BAB.

6. Sebabkan kematian
Bahaya diet ekstrem yang menjadi mimpi buruk bagi banyak orang adalah ketika program yang seharunya membuat tubuh semakin sehat malah harus merenggut nyawa. Tentu hal ini bukanlah isu, dan sudah banyak kasus yang menyoroti kasus kematian karena diet. ** Baca juga: Efek Buruk Stres yang Sebaiknya Anda Ketahui

Jadi, perhatikan metode diet yang Anda jalani. Lakukanlah diet sehat dengan mengurangi porsi makan, tetapi tetap memperhatikan asupan gizi serta imbangi dengan olahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru