oleh

Diduga Lakukan Praktek Oplos BBM, Dua SPBU Disorot

Kabar6-Bagi masyarakat pengendara kendaraan bermotor diharapkan teliti dan selektif dalam memilih Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Tangerang Selatan. Terdapat dua SPBU tengah menjadi sorotan karena diduga melakukan praktek pengoplosan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Ada dua SPBU yang kita curigai melakukan pengoplosan antara BBM dengan minyak tanah,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Muhammad, ditemui usai acara sosialisasi Undang-undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Ilegal dengan sejumlah pengusaha SPBU, Selasa (30/10/2012).

Muhammad mengatakan, kedua SPBU yang diduga melakukan pengoplosan yakni berada di wilayah Ciputat dan Pamulang dan sudah terjadi selama dua bulan lalu.

Namun, Muhammad tidak bisa menjelaskan secara rinci mengenai lokasi SPBU tersebut karena sedang dilakukan investigasi. Diketahuinya kedua SPBU tersebut melakukan pengopolosan, berasal dari informasi masyarakat dan supir angkutan umum.

Bahkan, setelah dilakukan pengecekan lapangan, kedua SPBU tersebut memang sepi pelanggan dibandingkan dengan tempat lainnya. “Kita kumpulkan informasi dari supir angkutan umum, memang ada keanehan dari BBM di SPBU tersebut. Bahkan, pengunjungnya pun sepi,” katanya.

Saat ini, Pemkot Tangsel akan membuat tim untuk melakukan investigasi terhadap kedua SPBU tersebut, sebelum melibatkan Pertamina dan Kepolisian.

Namun, bila memang kedua SPBU tersebut melakukan pengoplosan, maka pihaknya akan memberikan sanksi mulai dari peringatan, pemberian denda hingga penutupan. “Kalau memang sudah benar-benar melanggar, akan ditutup,” katanya.

Mengenai pasokan BBM, Muhammad menuturkan bila kiriman dari Pertamina kepada 55 SPBU di Kota Tangerang Selatan, tidak adanya hambatan. “Pasokan di lima SPBE kepada masyarakat pun tergolong aman,” katanya. (yud)

Berita Terbaru