oleh

Diduga Keracunan Makanan, 82 Warga Carita Alami Diare dan Demam

Kabar6- Sebanyak 82 orang warga Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang diduga keracunan massal usai menyantap makanan di acara selamatan khitanan. Mereka harus dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan pertolongan. Dari data sementara yang dihimpun, 22 orang masih menjalani perawatan dan 60 orang sisanya sudah kembali pulang karena kondisinya membaik.

Peristiwa itu terjadi usai warga menyantap makanan pada acara khitanan di Desa Sukajadi, Kecamatan Carita, Jumat (7/8/2020). Keesokan harinya, tepatnya Sabtu, puluhan warga merasakan keluhan yang sama seperti diare, demam, kepala berat dan muntah.

Kapolsek Carita, Iptu Pipih Iwan Hermansyah mengatakan telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pihak termasuk pemangku hajat tersebut. Namun Pipih menyatakan kabar keracunan itu baru sebatas dugaan.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan dan olah TKP, dan mengambil sampel-sampelnya sudah dibawa ke Labkesda. Kan baru diduga (keracunan) belum tentu dari makanan. (Pemangku hajatan) sudah diminati keterangan,”katanya, Minggu (9/8/2020).

Kepala Puskesmas Carita Tien Sulaisiah mengatakan, sampel muntahan dan feses pasien termasuk sampel makanan yang sempat disantap baru diambil tadi siang dan tengah di uji di Labkesda Pemkab Pandeglang. Adapun hasil pemeriksaan itu baru diketahui tiga atau empat hari ke depan.

“Intinya kami menuju hasilnya, penyebabnya dari apa,”ujarnya.

**Baca juga: Pandeglang Dorong Desa Kelola Wisata Embung.

Tien belum berani menyebutkan peristiwa tersebut tergolong kejadian luar bisa (KLB), lantaran hanya peningkatan kasus diare saja. Jika pun demikian, nantinya dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat yang menyatakan apakah itu KLB atau tidak. Ia berharap para pasien segera pulih.

“Kita tidak berani ini KLB, ini hanya peningkatan kasus diare saja, nanti mungkin Dinkes Kabupaten atau Tim survei yang mengatakan itu KLB,”tandasnya.(Aep)

Berita Terbaru