oleh

Diduga Banyak Bangunan Tak Miliki IMB, Turidi: Dorong Perketat Pengawasan

Kabar6-Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto geram melihat banyaknya bangunan yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kota Tangerang.

Dia meminta agar Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) memperbanyak tim pengawas.

“Ini tupoksi Perkim, saya kira perlu tim monitoring yang lebih banyak lagi dengan melibatkan tingkat kelurahan,” ujar Turidi, Kamis (12/3/2020).

Kendati demikian, Turidi mengatakan, seluruh bangunan tak ber IMB dapat didata agar segera mengurus izin mereka.

Selain itu, dia juga meminta agar Satpol PP Kota Tangerang bergerak cepat jika terdapat laporan masyarakat.

“Satpol PP harus lebih cepat lagi dalam merespon laporan dari masyarakat sehingga peneggakan perda berjalan dan PAD (PAD) bertambah,” katanya.

Selain itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang juga harus pro aktif melakukan sosialisasi cara pengurusan izin melalui online.

Meski demikian, Turidi menduga, selain adanya pemilik bangunan membandel, ada juga masyarakat yang memang tak mengerti tata cara melakukan perizinan.

Kendati, dalam sistem perizinan online, jika terdapat syarat yang tidak lengkap maka proses perizinan terhambat. Untuk itu diperlukan petugas yang membantu warga dalam perizinan.

“Untuk itu perlu ada PPIC (Penanggung jawab, red) yang fokus jemput bola sehingga kalau ada dokumen yang kurang akan cepat tertanganin,” terangnya.**Baca juga: Bawang Bombay di Tangerang Tembus Rp 160 Ribu Per Kilogram.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Agus Hendra mengatakan, tak memungkiri jika masih ditemukan bangunan membandel di Kota Tangerang. “Iya, saya tidak menampik itu,” tandasnya.(Oke)

Berita Terbaru