oleh

Dianggap Ilegal, Lembaga Bee-Plus Diminta Stop Survey di Kota Tangerang

Kabar6-Kesbang Linmas Kota Tangerang meminta Lembaga survei Bee-Plus untuk menghentikan kegiatannya melakukan survey Opinion Leaders 100 Tokoh Ormas dan LSM di Kota Tangerang.

Pasalnya, kegiatan Lembaga survei Bee-Plus dilakukan tanpa mengantongi rekomendasi terlebnih dahulu dari pihak Kesbanglinmas Kota Tangerang, sebagaimana diatur dalam Permendagri no 64/2011 tentang pedoman penerbitan rekomendasi penelitian.

Demikian dikatakan Kasi Kesbanglinmas Kota Tangerang, Syahrial, Selasa (4/12/2012). Menurutnya, dalam Pasal 2 ayat 2 dijelaskan, bahwa seorang peneliti harus mendapat surat rekomendasi penelitian sebelum melakukan penelitian.

“Karena kegiatan survey yang dilekukan lembaga itu belum mengantongi rekomendasi dari Kesbang Linmas, maka kami minta lembaga itu untuk menghentikan aktivitas surveynya. Dan bila menolak, kami anggap lembaga survey itu tidak memiliki etika,” ujar Syahrial.

Sementara, keinginan dari Kesbang Linmas tersebut lkangsung ditolak mentah-mentah oleh Direktur Eksekutif Bee-Plus, Jahrudin Arsyad.

Menurut Arsad, aktivitas yang dilakukan lembaganya mengacu pada Undang-undang No 18/2002, bahwa keberadaan surat rekomendasi dimaksud bersifat tidak wajib.

“Ketentuan Undang-undang tentunya lebih tinggi ketimbang Permendagri. Jadi kami akan tetap melanjutkan survey, meski tanpa ijin dari Kesbang Linmas,” ujar Arsad lagi.

Sebelumnya, Lembaga Survey Bee-Plus juga sudah melakukan survey terhadap popularitas dan elektabilitas calon Wali Kota Tangerang periode 2013-2018.

Hasilnya, Direktur PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ahmad Marju Kodri menduduki populeritas dan elektabilitas tertinggi sebagai sosok calon Wali Kota Tangerang mendatang.

Posisi Ahmad Marju Kodri bahkan menggungguli 3 nama tokoh yang disebut-sebut bakal maju dalam bursa Pemilukada Kota Tangerang, yaitu Wakil Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Sekda Kota Tangerang Harry Mulya Zein dan Ketua DPD Golkar Kota Tangerang H. Abdul Syukur.(ali)

 

Berita Terbaru