oleh

Di Tangerang, ‎Lima Desa Ajukan Pilkades Ulang

Kabar6-Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Pemerintah Desa (BPMPPD) Kabupaten Tangerang mengeluhkan, kinerja yang dilakukan para tim pengawasan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di masing-masing desa.

 

Dikarenakan, banyaknya keluhan atau ajuan pemilihan ulang yang dilakukan para calon kepala desa akibat, banyaknya temuan aksi politik uang “money politic” pada saat kampanye.

 

Kepala Bidang Pemerintah Desa pada BPMPPD Kabupaten Tangerang, Imam Hidayat, mengatakan sejauh ini sudah lima desa yang mengajukan adanya pemilihan ulang. Salah satunya, Desa Buniayu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang.

 

“Pasca pelaksanaan pilkades, banyak kepala desa yang kalah mengajukan proses pemilihan ulang dengan berbagai alasan. Namun, alasan yang mendominasi yakni, ditemukannya politik uang,” ungkapnya, Kamis (18/6/2015).

 

Hal tersebut setidaknya, menunjukkan kurangnya kinerja yang dilakukan tim pengawas (timwas) pilkades terkait, banyaknya aduan kecurangan. ** Baca juga: Aset Tiga Tersangka Korupsi di Tangsel Disita

 

“Walaupun, sudah ketahuan kinerja yang dilakukan timwas kurang baik tapi, kita tidak bisa memberikan sangsi karena, sangsi untuk hal tersebut, tidak ada dalam peraturan bupati (perbup),” jelasnya.

 

Akan hal tersebut, para Pemerintah Desa selaku, Panitia Pelaksana Pilkades Kabupaten Tangerang hanya, mampu memberikan saran untuk mengajukan adanya hal tersebut langsung pada pihak pengadilan.

 

“Kami terima ajuannya tapi, untuk diadakan pemilihan ulang tentu harus dipikirkan kembali,” imbuhnya. (shy)

Berita Terbaru