oleh

Di Taman Tema Prancis Burung Dilatih untuk Mengambil Sampah

Kabar6-Menjaga kebersihan memang tanggung jawab setiap orang. Namun di taman tema Prancis, di sebuah taman tema Prancis, kebersihan juga menjadi tanggung jawab burung. Mereka mengumpulkan dan membuang puntung rokok serta potongan sampah. Benarkah demikian?

Sebanyak enam rooks yaitu sejenis burung dalam keluarga gagak yang berasal dari Eropa dan sebagian Skandinavia serta Asia, seperti dilansir smithsonianmag, akan mengambil sampah di Puy du Fou, sebuah taman yang menampilkan desa dan kebun, serta peragaan kembali bersejarah, pertunjukan dan acara, Agence France-Presse (AFP). Hewan hewan tersebut dibesarkan di penangkaran, dan dilatih oleh Christophe Gaborit, seorang falconer dan manajer proyek dengan Academy of Falconry taman.

Rupanya, Gaborit terinspirasi untuk merekrut burung-burung gagak (Corvus frugilegus) karena melihat kejadian 20 tahun lalu, di mana sekelompok burung gagak liar memilah-milah sampah alami di sebuah ladang. Demikan tulis perwakilan Puy du Fou dalam sebuah postingan blog.

Gaborit juga menjelaskan dalam posting tersebut, apabila burung gagak cenderung untuk memilah materi di habitat mereka, mungkin mereka dapat dilatih untuk mengidentifikasi dan membuang sampah yang ditinggalkan oleh manusia.

Masih menurut posting blog, pria itu mengangkat dan melatih pasangan pertamanya mengumpulkan sampah pada 2000, dengan sedikit bantuan dari kabinet khusus, ketika burung-burung menyimpan sampah di laci, kompartemen kedua akan dibuka untuk memberi mereka hadiah dengan camilan yang lezat.

Mengulangi tindakan ini membuat para rooks mengasosiasikan pembuangan sampah dengan makanan, meskipun mereka kadang-kadang mencoba menipu pelatih mereka dengan menjatuhkan potongan kayu di kotak, demikian dikatakan Gaborit. ** Baca juga: Tiap 20 Tahun Kuil Ise Jingu Dirobohkan & Dibangun Kembali

Ide yang bisa ditiru.(ilj/bbs)

Berita Terbaru