oleh

Di Pandeglang Bakal Dirikan Pabrik Pengolahan Porang

Kabar6- Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengatakan, di Pandeglang ini akan ada pabrik pengolahan porang. Untuk itu nantinya, koperasi ini akan ditunjuk untuk mengelola pabrik olahan porang tersebut.

“Personil Koperasi ini nantinya akan kita latih dalam mengelola pabrik olahan porang, bahkan hingga dilatih untuk ekspornya juga,” ujar Suaedi, Jumat (20/5/2022).

Diakuinya juga, kehadiran koperasi ini juga hadir untuk menyelamatkan dan menolong para petani porang di Pandeglang. Karena koperasi akan menampung hasil panen petani porang, sehingga petani tidak kesulitan untuk menjual hasil panen nya.

“Bukan hanya itu, koperasi ini juga untuk menstabilkan harga jual hasil panen porang itu sendiri,” ucapnya.

Sementara, Ketua Koperasi Produsen Berkah Jaya Abadi Indonesia, Yunaliah menjelaskan, penanaman porang yang akan dilakukan sebanyak 5 juta benih di atas luas lahan 100 hektar yang tersebar di 12 kecamatan di Pandeglang.

**Baca juga: Penuhi Kebutuhan Ekspor, Pandeglang Dijadikan Sentra Olahan Porang

Pihaknya pun berhadapan, guna mendukung hal tersebut, memohon kepada Bupati Pandeglang dan Dinas terkait untuk membantu dalam hal pembinaan petani porang, pengurusan perizinan registrasi lahan, disegerakan sertifikasi varietas benih porang, bantuan pinjaman lahan.

“Adapun untuk tanam 5 juta benih ini lahan memang sudah siap. Dan target tanama yang diprogramkan 5 juta benih ini dilakukan per harinya sebanyak 40 ribu benih,” tandanya.(aep)