oleh

Di Nepal, Wanita yang Sedang Haid Diasingkan dari Rumah

Kabar6-Ada tradisi tak biasa yang dilakukan salah satu daerah di Nepal, saat mengalami haid seorang wanita harus diasingkan ke gubuk atau hutan. Alasannya, wanita haid dianggap bisa membawa kesialan.

Dalam tradisi yang disebut Chhaupadi itu, melansir wowmenariknya, seorang wanita yang sedang haid akan dipaksa hengkang dari rumahnya. Mereka dikirim ke gubuk, kandang hewan dan bahkan ke hutan selama tujuh hari hingga menstruasi selesai. Tradisi ini sudah dipraktikan selama berabad-abad. Tak hanya berlaku bagi wanita haid, wanita yang baru melahirkan juga akan dipaksa melakukan tradisi ini.

Selain diasingkan, wanita haid juga tidak boleh menyentuh suami dan laki-laki lain. Jika ada laki-laki yang secara tak sengaja menyentuh wanita haid, maka dia harus segera disucikan dengan air kencing sapi.

Selama diasingkan, wanita itu tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan bergizi. Mereka hanya makan nasi dengan garam. Jika tradisi ini dilanggar, maka malapetaka akan terjadi. ** Baca juga: Wow, Salju Hitam Selimuti Sejumlah Kota di Siberia

Sementara itu banyak aktivis yang menentang tradisi ini, namun hingga kini tradisi Chhaupadi masih ada. Nah karena tradisi ini, wanita rentan terkena penyakit mematikan, karena mereka tinggal di tempat yang tidak layak huni, dengan suhu dingin dan makanan tidak bergizi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru