oleh

Di India, Seorang Pengemudi Mobil Ditilang Karena Tidak Gunakan Helm

Kabar6-Seorang pemilik kendaraan bernama Prashant Tiwari menerima e-challan yaitu aplikasi berbasis android untuk melacak pelanggar lalu lintas, di ponselnya.

Ternyata, pria asal Manna Gaon, distrik Hamirpur, India, itu ditilang karena mengendarai mobil tanpa mengenakan helm. Dalam pesan itu, melansir gulfnews, RTO atau biro registrasi kendaraan di India menginformasikan bahwa Tiwari telah mendapat denda sebesar Rp900 ribu karena mengendarai mobil Mahindra Bolero miliknya tanpa mengenakan helm.

Diketahui, sebelumnya seorang bernama Piyush Varshneydi Kanpur mengaku jika dirinya mulai mengenakan helm saat mengendarai mobilnya setelah didenda polisi akibat tak mengenakan helm saat berkendara.

“Karena takut mendapat challan lagi, saya memakai helm saat mengendarai mobil. Saat challan dikeluarkan, ada nomor mobil saya,” kata Kanpur. ** Baca juga: Wuih, Tiap Rumah di Spruce Creek Punya Garasi untuk Pesawat

Polisi mengatakan, kasus Kanpur adalah kesalahan yang akan diperbaiki setelah verifikasi challan. Polisi lalu lintas di Uttar Pradesh, India, telah kewalahan setelah aturan baru diberlakukan, mengikuti UU Kendaraan Bermotor yang diamendemen.

Tak hanya motor, pengendara mobil pun kini harus menggunakan helm.(ilj/bbs)

Berita Terbaru