oleh

Di Cilegon, 16 Partai Lolos Verifikasi

Kabar6- Sebanyak 16 partai politik,PAN, PDIP, Demokrat, Gerindra, Golkar, HANURA, PKPI, PKS, PKB, PKBIB, NASDEM, PPRN, PPN, PPP, PBB dan PDP lolos tahapan verifikasi dan berhak mengikuti Pemilu 2014 di Kota Cilegon. Meski lolos di Cilegon, namun  jika secara nasional nanti partai yang telah lolos itu  ada yang tidak lolos di KPU RI, mereka tidak boleh ikut serta dalam Pemilu 2014 mendatang .

“Ke- 16 parpol  telah lolos verifikasi itu masih harus menunggu hasil rapat pleno KPU RI yang akan berlangsung 21 Desember (Jumat),” kata Ketua KPU Kota Cilegon, Syaeful Bahri dalam Rapat Pleno Terbuka KPU, Rabu (19/12).

Dikatakannya, dari 16 partai politik yang mendaftar dan diverifikasi, seluruhnya lolos tahapan verifikasi. Kriteria verifikasi itu, kata dia, meliputi keanggotaan inti partai, persentase keterlibatan perempuan yang harus 31 persen dan kantor parpol, serta anggota parpol minimal 1.000 orang. “Dari kriteria tersebut seluruh parpol memenuhi syarat,” kata dia.

Rapat pleno yang digelar di di Hotel Pesona Enase, Kota Cilegon ini tidak dihadiri PAN, PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Indonesia Bersatu (PKBIB). Sementara dua partai parpol lainnya, PPN dan PPP telat mengikuti rapat.

Ketua KPU Provinsi Banten, Hambali berharap, pelaksanaan Pemilu 2014 Kota Cilegon bisa berjalan lancar dan tertib. (bbs/sak)

 

Berita Terbaru