oleh

Dewan Tangsel: Mundurnya Samson Pane Akibat Tertekan

Kabar6-Legislator di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendorong agar pemerintah setempat segera mencari pengganti anggota tim panitia seleksi (pansel) penjaringan sekretaris daerah.

 

Pasalnya, belum lama ini, Ali Samson Pane diketahui telah mengundurkan diri.

 

“Sangat mungkin banyak tekanan sebab ini meski jabatan sekda adalah jabatan karier namun tentunya sangat banyak tekanan yang masuk,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel, Ahadi di Setu, Senin (27/4/2015).

 

Ia menyarankan agar Pemkot Tangsel dapat melakukan perekrutan tim pansel sekda secara terbuka.  ** Baca juga: Buat Ahadi, Pilkada Tangsel Cuma Hiburan

 

Ahadi menilai, pejabat pada salah satu pengembang kawasan perumahan di Kota Tangsel ini tak kuat menghadapi kencangnya tekanan dari berbagai pihak.

 

“Apalagi ini dilakukan dengan cara tertutup tentunya ada indikasi lain yang saya sendiri tidak tahu soal itu,” terangnya.

 

Ia menjelaskan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) secara konkrit harus dilakukan secara terbuka dan jelas.

 

Ia mencontohkan agar diumumkan melalui website Pemkto Tangsel baik nama institusinya dan latar belakangnya. Ini berdasarkan aturan yang ada.

 

“Kriterianya pertama pengalamannya, integritas, lembaga yang menaungi dan bagaiman kinerjanya apakah baik atau tidak. Ini yang harus menjadi pertimbangan oleh Pemkot dalam mencari pengganti Pane,” jelasnya.

 

Ahadi pun mengingatkan agar waktu yang tersisa dapat dimanfaatkan secara baik untuk mencari pengganti Pane yang kini menjabat sebagai Ketua Forum CSR Kota Tangsel.

 

Jangan sampai selama sisa waktu tiga bulan ini, tidak menghasilkan apa-apa.

 

Hal ini tentunya akan berujung pada dilematika pejabat pelaksana sekda yang tak bisa mengambil keputusan selama menjalani tugasnya, sehingga akan berdampak pada mandeknya program pemerintah.

 

“Tentunya jelas bahwa bila Sekda dijabat oleh Plt maka semua kebijakan tidak akan pernah jalan, sebab tidak memiliki kewenangan yang akhirnya berimbas pada program-program,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru