oleh

Dewan Dorong Tiap Desa di Lebak punya Ambulans

Kabar6-Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Lebak Dian Wahyudi mendorong agar setiap desa memiliki mobil ambulans untuk membantu masyarakat yang tidak mampu membayar ambulans rumah sakit karena tarifnya yang terbilang cukup mahal.

“Bisa mengalokasikan melalui dana desa agar masyarakat yang tidak mampu membayar ambulans rumah sakit bisa memakai ambulans milik desa,” kata Dian, Rabu (27/2/2019).

Menurut Dian, keberadaan ambulans di tiap desa juga sebagai bentuk pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat dengan harapan biaya yang harus dikeluarkan tidak membebani keluarga pasien.

Soal tarif ambulans RS Kartini yang dikeluhkan masyarakat, Ketua DPD PKS Lebak ini menyarankan agar rumah sakit transparan kepada keluarga pasien.

“Dari beberapa item itu yang memang harus dipertanyakan adalah biaya sarana, itu harus detail dijelaskan oleh rumah sakit maksud sarana itu apa,” katanya.

Terpisah, Kabid Pemdes DPMD Lebak Firman Arif mengatakan, tidak ada larangan jika dana desa dianggarkan untuk mobil ambulans. Namun, ada beberapa ketentuan.

“Pertama soal jarak antara desa dengan pusat kesehatan, kalau dekat ya tidak dibutuhkan. Jadi tidak semua desa boleh beli ambulans dan harus ada verifikasi dari Dinkes,” terangnya.**Baca juga: 2 Perampok Alfamart Diringkus Polresta Tangerang.

“Dan jangan sampai biaya pemeliharaannya lebih besar daripada melayani masyarakat,” pungkasnya.(Nda)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru