oleh

Desa Tertinggi di Dunia Itu Bernama Kibber

Kabar6-Sebuah desa yang terletak di Spiti, Himachal Pradesh, India, dijuluki sebagai desa tertinggi di dunia. Ya, desa Kibber berada pada ketinggian 4.200 meter di atas permukaan laut, dan dikenal sebagai lokasi ekspedisi trekking dengan pemandangan-pemandangannya yang khas.

Di puncak desa Kibber, Anda bisa menjumpai Biara Buddhist Ki. Di bangunan spektakuler ini terdapat roda besar berukir untuk peribadatan dan juga sejumlah lukisan-lukisan di dinding. Hal yang mengejutkan, seperti dilansir Tourmyindia, tempat yang dikeramatkan di sini ternyata adalah tempat di mana guru dari Dalai Lama yang sekarang tinggal pada 1980-an. Di sini juga dijumpai bendera-bendera yang berkibar di atas biara dan piramid-piramid kecil yang disusun bersama tanduk-tanduk biri-biri.

Dalam ekspedisi trekking dekat lokasi ini, masih bisa ditemukan desa Chicum, Gete dan Tashigang dengan ciri-cirinya yang unik pula. Dekat Kibber bisa dijumpai puncak Dangmachan dengan ketinggian yang mencapai 5.157 meter, juga puncak-puncak Shila dan Chau Kang Nilda dengan ketinggian 6.000 meter lebih yang merupakan lokasi sempurna bagi fotografer untuk membuat gambar-gambar indah.

Kibber saat ini masih dikenal dengan ketenangan dan kedamaiannya yang jauh dari hiruk-pikuk India dan juga lingkungannya yang masih sangat alami. Lokasinya berbatasan dengan Tibet dan dihuni kebanyakan oleh orang-orang Budha Tibet yang berwatak hangat dan bersahabat.

Di sini juga bisa ditemui sebuah kantor pos, klinik, kantor telegraf, dan sekolah. Sumber airnya yang bersih dilaporkan berasal dari upacara-upacara ritual pemakaman lama yang dilaksanakan di tempat tersebut.

Lokasi ini memang merupakan lokasi wisata potensial mengingat banyaknya penginapan-penginapan di sepanjang jalan desa ini. Salah satunya bahkan menyediakan pula restoran lengkap dengan stok bir dan air panas. ** Baca juga: Mabuk di Malam Tahun Baru, Pria Ini Naik Taksi Lewati 3 Negara

Wah, desa yang menyenangkan untuk berlibur, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru