Desa Masouleh di Iran yang Berada di Atap Rumah

Desa yang dibangun di atas atap rumah.(Archdaily)

Kabar6-Sebuah desa yang terletak di pegunungan Alborz, Iran utara, memang pantas disebut unik. Bagaimana tidak, Desa bernama Masouleh ini dibangun di atap-atap rumah.

Desa Masouleh, dilansir Archdaily, berada di lereng gunung yang curam, dengan maksud agar terhindar dari banjir di lembah bawahnya, serta terlindungi dari angin dingin dari puncak pegunungan. Desa ini memiliki tanjakan curam dengan ketinggian 100 meter.

Desa ini membangun teras, taman, restoran, kafe bahkan pasar di atas atap rumah yang ada di bawahnya, dengan menempel pada lembah. Arsitektur saling tindih ternyata sudah digunakan selama berabad-abad. Disebutkan, atap-atap rumah di Masouleh dibangun dari tanah liat, batu dan kayu. ** Baca juga: Ternyata Manusia Sudah Minum Anggur Sejak 8.000 Tahun Lalu

Atap rumah dibuat sedemikian rupa agar tahan menghadapi iklim basah dan berat dari rumah yang ada di atasnya. Tiap rumah memiliki jendela besar yang membentang di ruang depan, sehingga sinar matahari bisa masuk lebih banyak dan memberi kehangatan bagi pemilik rumah. Sedangkan sejumlah kamar diletakkan pada bagian belakang bangunan, terisolasi dengan dinding tanah liat yang tebal, dengan maksud agar penghuni kamar bisa terhindar dari cuaca ekstrem.

Masouleh dikelilingi jalan setapak yang juga memanfaatkan atap rumah di bawahnya. Desa yang unik, ya.(ilj/bbs)