oleh

Desa di Lebak Diminta Segera Susun APBDes

Kabar6-Anggaran pemerintah di tahun 2021 difokuskan untuk 4 hal, yakni, penanganan Covid-19 terutama vaksinasi, perlindungan sosial, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terutama dukungan terhadap UMKM dan dunia usaha, serta membangun fondasi yang lebih kuat dengan melakukan reformasi struktural baik di bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial dan lain-lain.

Hal itu dikatakan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksaan Anggaran (DIPA) dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2021 secara virtual, Jum’at (4/12/2020).

Iti memberikan instruksi khusus kepada pemerintah desa agar segera menyusun APBDesnya.

“Biar awal Januari tahun 2021 APBDes bisa segera direalisasikan,” kata Iti.

Penyerahan DIPA merupakan tindak lanjut dari penyerahan DIPA dan TKDD 2021 yang dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara pada 25 November 2020, dan DIPA Provinsi Banten pada tanggal 30 November 2020 lalu.

Penyerahan daftar alokasi TKDD oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Banten, Ade Rohman.

Dalam kesempatan itu, Iti menyampaikan arahan Presiden Jokowi yang dalam sambutannya meminta agar daerah mulai melakukan lelang sedini mungkin di bulan Desember sehingga bisa menggerakkan ekonomi di kuartal I di tahun 2021.

**Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Diperkirakan Mulai Januari 2021, Berapa Jumlah Penduduk Kabupaten Lebak?

“Pak Presiden juga menekankan agar bantuan sosial awal januari 2021 juga harus segera diberikan kepada penerima manfaat agar belanja masyarakat dan konsumsi meningkat sehingga menggerakkan ekonomi di lapisan bawah,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru