oleh

Desa Demydiv di Ukraina Sengaja Ciptakan Banjir untuk Hindari Invasi Rusia

Kabar6-Warga desa Demydiv yang terletak di utara Kiev, Ukraina, sengaja ‘menciptakan’ banjir di wilayah mereka, demi mencegah serangan pasukan Rusia. Luapan air membuat desa Demydiv tergenang dan menjadi seperti rawa. Air bahkan menenggelamkan ruang bawah tanah mereka.

Pasukan Ukraina, melansir Moneycontrol, membuka bendungan saat awal invasi Rusia di wilayah itu, hingga Sungai Irpin membanjiri desa dan ribuan hektare di sekitarnya. Bagi warga desa, langkah itu dinilai berhasil menghentikan langkah tentara dan tank Rusia menerobos masuk. Banjir itu pun dinilai sepadan dengan hasil yang diraih.

Sementara penduduk lain, Oleksandr Rybalko (39) menjelaskan, lebih dari sepertiga ladang terendam banjir. Sekira dua bulan kemudian, warga desa masih menghadapi dampak banjir buatan itu.

Mereka menggunakan perahu karet untuk bergerak dan menanami lahan kering yang tersisa dengan bunga dan sayuran. Anak-anak pun dibiarkan bermain di lahan basah tersebut. ** Baca juga: Bocah 14 Tahun Asal AS Jadi Salah Satu dari Enam Pembunuh Bayaran Kartel Narkoba di Meksiko

Dilaporkan, ribuan nyawa warga sipil tewas dan jutaan orang melarikan diri saat invasi Rusia di Ukraina. Serangan juga menghancurkan sejumlah bangunan.(ilj/bbs)