oleh

Dermaga V Merak Kembali Beroperasi

Kabar6-Dermaga V Pelabuhan Merak yang ambruk, sejak Rabu (31/7/2013) siang sudah dapat beroperasi kembali. Perbaikan jembatan penghubung selesai lebih awal dari perkiraan semula.

“Dermaga V sudah full 100 persen dapat dioperasikan kembali,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen (Pol) Pudji Hartanto saat meninjau kesiapan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Cilegon, Rabu (31/7/2013).

Dermaga V mulai beroperasi kembali sejak pukul 14.00 WIB. Dalam arus mudik Lebaran, Dermaga V berikut Dermaga IV secara khusus akan melayani penyeberangan kendaraan roda dua pemudik.

Sebelumnya, Dermaga V sempat ambruk pada Sabtu (27/7/2013) sekitar pukul 23.30. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya sebuah truk bernomor polisi BE 9213 CG dari Pulau Sumatera bermuatan tepung tapioka seberat 28 ton nyemplung ke laut.

Sementara itu, General Manager PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak Supriyanto dan Kepala Dirlantas Polda Banten Slamet Hadi Supraptoyo yang menjelaskan kesiapan pelayanan arus mudik kepada Kakorlantas Polri di Gedung ASDP Merak, menyebutkan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (3/8/2013) atau H-5 sebelum Lebaran.

“Kapal yang siap beroperasi ada 42 kapal,” kata Supriyanto.

Sedangkan untuk pengamanan arus mudik, disebutkan Pelabuhan Merak akan dijaga 300 personel polisi ditambah 96 petugas keamanan pelabuhan.(bbs/jus)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru